Cara Budidaya Ikan Lele Bagi Pemula, Mudah, Berkualitas

Cara Budidaya Ikan Lele Bagi Pemula, Mudah, Berkualitas

Cara Budidaya Ikan Lele Bagi Pemula – hello COBER’s, selamat datang kembali di cobalagiaja.com, beberapa artikel saya sebelumnya hanyalah prolog dari website ini. Sekarang, saatnya kalian merasakan manfaat dari ke-istiqomah-an kalian untuk mengunjungi website saya.

Dari beberapa postingan saya sebelumnya, kebanyakan adalah cerita pengalaman hidup saya yang semoga saja dapat memberikan pelajaran hidup bagi kalian semua. Dan juga sempat saya menulis konten dengan berharap membantu kalian untuk lebih kreatif.

Segmen kali ini kita akan beralih dari 0 ke 1, uji coba #1 cara Budidaya ikan lele.

kalian pastinya menginginkan agar hidup kalian lebih produktif dan bermanfaat, apalagi menghasilkan uang dan bahkan bisa mempekerjakan orang lain. Tentu saja ini merupakan hal yang mulia dan patut diancungi jempol, terutama dalam fakta bahwa kalian akan menjadi penggerak perkembangan ekonomi di Indonesia.

Ternak Ikan lele dewasa ini telah mencapai ranah nasional, bisnis budidaya ikan lele mulai dari pembibitan, pembesaran, penjualan bahkan pengolahannya banyak kita jumpai.

Karena saat ini kita sebagai seorang praktikan, maka kita juga harus bisa mempraktikkan hal tersebut. Oleh karenanya saya harap dengan membaca artikel ini, saya doakan kalian menjadi orang yang lebih sukses dari pebisnis lain di luar sana, terutama dalam hal ternak ikan lele.

Ikan Lele

ternak ikan lele, budidaya lele
photo via fishwallpapers.com

Sebelumnya apakah kalian pernah melihat tempat penangkaran dan pengembangbiakan ikan lele? belum, kalau makan ikan lele pasti pernah bukan? Iyain aja. 

Atau ada yang bahkan belum pernah mencoba ikan lele? rugi yah. Sebelum kita maju ke pembahasan selanjutnya, kita tentu perlu tahu Ikan lele itu sendiri seperti apa bukan?. Bakalan jadi kacau kalau bahkan ikannya sendiri kita belum tau.

Tak kenal maka tak sayang , betul bukan.

Tidak mungkin kita langsung ternak lele tanpa tahu dulu bagaimana sebenarnya ikan lele itu, apa makanannya, bagaimana habitatnya, hal-hal yang harus di perhatikan tentang kesehatan lele itu sendiri.

Tentunya kita sebagai pembelajar harus mempelajari semuanya secara bertahap innallaha ma’asshobirin betul tidak?.

langsung saja, Ikan lele seperti apa

Ciri-ciri Ikan Lele dan Sebutannya Di Berbagai Daerah

Ikan lele atau yang biasa kita sebut ikan keli, adajah jenis ikan yang hidup di air tawar. ikan ini memiliki tubuh yang licin akibat lendir di tubuhnya, bentuk kepalanya yang agak pipih dan memangjang disertai kumis sedikit mirip kucing yang muncul di sekitar mulutnya.

Ikan lele sendiri memiliki nama yang berbeda di masing-masing tempat yang juga dipengaruhi oleh perbedaan spesies ikan lele. Seperti contohnya sebutan ikan lele di sumatera barat adalah kalang, ikan maut (gayo), ikan keling (makassar), ikan cepi (sulawesi selatan, Ikan pintet (kalimantan selatan) dan banyak lagi dari daerah-daerah lain yang punya nama yang berbeda.

Marga dari ikan lele adalah Clarias, dari bentuk tubuh yang memanjang, licin dan tak bersisik. Dengan sirip punggung dan sirip anus yang panjang, beberapa ada yang menyatu dengan sirip ekor seperti sidat hanya saja ukurannya lebih pendek.

struktur kepala dengan tulang yang keras pada bagian atas kepala, matanya yang kecil dan juga mulut yang lebar pada ujung moncong. Lele juga memiliki sungut purba (barbels) berguna untuk mempermudah lele bergerak di air yang gelap.

Clarias ini juga memiliki alat pernapasan tambahan yang merupakan modifiakasi dari busur insangnya.

Sepasang patil berada tepat pada sirip-sirip dadanya, tajam dan beracun. Salah satu efeknya adalah panas tinggi apabila terkena patil tersebut.

Musim Budidaya Ikan Lele dan Habitatnya

habitat ikan lele
pic via pexels.com

Habitat lele sendiri bukanlah di air payau ataupun air asin, kecuali jenis lele laut atau (Ariidae). Lele senang hidup pada aliran arus sungai tidak terlalu deras, juga senang tinggal di daerah rawa, telaga, waduk ataupun sawah yang tergenang air.

Dan perlu kalian tau lele juga bisa tinggal pada air yang tercemar contohya seperti got-got atau saluran pembuangan, termasuk tempat pembuangan tinja.

Tapi, tidak semuanya seperti itu yah, ikan lele yang sering kalian makan adalah hasil dari ternak/budidaya ikan lele dengan kualitas yang bermacam-macam sesuai supliernya.

Ikan lele sendiri bersifat nokturnal, mirip seperti kelelawar, lele suka bersembunyi di tempat yang gelap pada siang hari dan keluar mencari makan pada malam hari.

musim pemijahan ikan lele biasanya di mulai ketika musim hujan. Kebanyakan ukuran dari lele ini lebih kecil dari gurame.

Tetapi, ada juga yang panjangnya melebih 1 meter dan berat kurang lebih 2 kg, salah satunya ikan lele wels dari amerika.

Manfaat ikan lele

 

Kegunaan lele juga banyak baik sebagai lauk untuk dikonsumsi atau sebagai penjaga kualitas air. Dalam hal ini lele bisa menghilangkan kotoran pada air yang tercemar dan juga sebagai pengusir hama pada sawah. Juga bisa menanggulangi tumbuhnya jentik nyamuk.

Beberapa tempat seperti pembuangan tinja, rawa, got dan lain-lainnya seringkali kita dapati ada ikan lele. Ikan lele yang hidupnya di tempat seperti itu masih bisa kalian makan dengan syarat-syarat terntentu.

Seperti memberikan waktu untuk lele hidup di air mengalir (diborek), tujuannya untuk membersihkan lele dari kotoran-kotoran baik luar maupun dalam.

Untuk disantap, ikan lele pun memiliki kandungan gizi yang bagus. Vitamin D yang cukup banyak disertai dengan kandungan asam lemak omega-6 yang lebih banyak dari 3 omega-3. Hal ini di pengaruhi oleh pengusaha ikan lele.

Lele ini akan jadi lebih nikmat apabila anda membuatnya menjadi sebuah hidangan spesial seperti pecel lele, atau jenis masakan lele lainnya.

adapun produksi lele di indonesia dari tahun 2004-2008  meningkat sampai mencapai 108.200 ton pertahunnya.

 

Mudah, murah, untung

 

Bisnis budidaya ikan lele kini telah menjamur di berbagai daerah. Ikan lele ini adalah salah satu makanan yang banyak di minati orang-orang, termasuk para wisatawan dari mancanegara. Bukan hanya karena dagingnya yang lembut tapi juga rasanya yang unik.

Hidangan ikan lele juga telah menyebar di kota-kota besar di seluruh indonesia, contohnya seperti pecel lele, penyatuan antara bumbu pecel dan ikan lele itu sendiri memberikan rasa yang lebih khas.

Bisnis pengembangbiakan dan pembesaran lele tergolong cukup praktis. Karenanya tidak sedikit orang yang mendalami bisnis tenak lele ini.

Seperti yang kita ketahui, ikan lele punya kekuatanun untuk survive di berbagai medan seperti, got, kolam air tawar, air tergenang, dll. sehingga sangat mudah untuk mendapatkan media sebagai tempat penangkarannya.

Kalian bisa menggunakan kolam terpal sebagai tempatnya, bukan hanya karena murah, anda bisa menempatkannya pada lahan yang terbatas. 2 bulan panen bukanlah mustahil dengan menggunakan metode ini.

Metode Budidaya Ikan Lele

the methode
pic via pexels.com

ada 3 tahapan yang sangat penting untuk anda lalui untuk mendapatkan hasil yang baik. Tentunya butuh KESABARAN dan TAWAKKAL dalam melaksanakannya. Tahapannya antara lain:

Persiapan awal sebelum memulai.

  • Tentukan lokasi anda.

Dalam menentukan lokasi anda, ada beberapa hal yang anda perhatikan di sini  yakni, kondisi lingkungannya, terutama pengairannya. Air yang digunakan dalam usaha ini harus merupakan yang terbaik untuk menghasilkan yang terbaik.

Air yang digunakan bukanlah air yang sudah tercemar limbah industri maupun rumah tangga karena, itu akan berpengaruh pada perkembangan ikan lelenya.

  • selanjutnya, buatlah kolam dengan ukuran 3 x 5 x 1 m atau sesuai lahan yang anda miliki. jikan anda ingin mempercepat panen anda, maka butuh lebih dari 20 kolam atau tepatnya 24-25 kolam yang siap untuk digunakan.

dalam pembuatan kolam itu sendiri ada beberapa alat dan bahan yang anda butuhkan.

Alat: paku, palu, kawat, Lakban, obeng yang sesuai dengan screw sekrup, tali, spidol, lem pipa, pisau cutter/gunting

Bahan : Klem yang dillengkapi screw sekrup untuk mengencangkan sambungan, biasanya digunakan untuk mengencangkan selang air dengan keran. Dibutuhkan juga ban dalam bekas, Pipa pvc ukuran 2 inci, penyambung pipa ukuran 2 inci.

  • Siapkan peralatan yang dibutuhkan dalam proses ternak ikan lele seperti ember plastik, seser , alat pengetes kualitas air.
  • isi kolam terpal dengan air setinggi 80 cm.
  • Beli dan siapkan benih lele berukuran 8-10 cm, kemudian masukkan ke dalam kolam yang telah diisi air 100-200 ekor/permeter kubik

 Antisipasi Sebelum Memulai

Resiko ternak ikan lele
pic by kabartani

sesaat setelah kolam anda telah siap, adapula yang harus anda perhatikan, yakni resiko yang akan anda hadapi saat memulainya. Sangat merugi apabila kita belum mengenal ancaman-ancaman yang mungkin akan kalian hadapi saat memulai usaha ini.

berikut ini yang harus anda perhatikan:

  • Tidak jarang benih ikan lele yang kalian tebar banyak yang mati sebagian atau bahkan semua. Pada media terpal, bau menyengat dari terpal yang masih baru menjadi racun yang mencemari air kolam yang menyebabkan kematian pada benih.
  • Perlu juga anda perhatikan perubahan PH pada kolam ikan lele anda, karena dalam keadaan PH tertentu dapat mengakibatkan kematian pada ikan lele. berikut tahapan keadaan ikan lele dalam keadaan PH tertentu. (dibutuhkan pH meter digital untuk mengukur air agar lebih mudah)

pH 4, Ikan mati –> pH 5, tidak dapat berkembang biak –> pH 6, pertumbuhan ikan menurun –> pH 7-8, air yang pas untuk ikan lele berkembang biak dengan baik –> pH 9, tingkat perkembanganbiakan menurun –> pH 10, tidak bisa berkembang biak –> pH 11, ikan mati PH 4 : ikan mati.

Dengan memperhatikan hal ini, kalian bisa mengurangi resiko kematian ketika memulai ternak ikan lele.

  • Penggantian air juga tidak boleh secara langsung tetapi bertahap sedikit demi sedikit. Hal ini dilakukan agar mencegah benih ikan lele tidak mabuk dan mati.
  • Pemberian pakan dengan menggunakan bangkai binatang menjadikan pertumbuhan ikan lele tidak merata. hal ini nantinya akan menimbulkan perbedaan besar lele, dan sifat lele menjadi kanibal. Hal ini bisa terjadi apabila pola makannya tidak teratur dan apabila lele kelaparan, maka yang besar memakan yang kecil.
  • Pastikan anda telah memperhitungkan biaya pengeluaran untuk paka, serta jadwal pemberian pakan yang efektif bagi lele. Hal ini agar anda tidak terlalu banyak menghabiskan biaya dalam hal pakannya.
  • media tanah menjadikan biota air seperti cacing dan fitoplankton mempunyai gizi yang tinggi. Tapi, semuanya punya keunggulan masing-masing, tergantung bagaimana kalian mengolahnya.

Baca juga : Cara mengatasi kanibalisme pada ikan lele

Tips & Trik Budidaya Ikan Lele

Ternak ikan lele mudah
pic via pexels.com

Berikut ini adalah tips dan trik yang bisa anda lakukan agar anda berhasil dalam bisnis ternak lele ini, mohon di baca berulan-ulang hingga paham. Jika belum paham COBA LAGI AJA.

  • Sebelum mencuci terpal, pastikan anda mensterilkan terpal dengan menggunakan daun pepaya yang telah ditumbuk hingga halus dan campurkan air. Setelah itu aduk rata dan diamkan selama ±15 menitan. Semprotkan ramuan tadi ke seluruh permukaan terpal dan diamkan hingga ramuan tersebut kering kira-kira 5 harian.
  • Lalu bersihkan kolam dari bekas-bekas ramuan dan terpal siap untuk kalian gunakan bebas dari penyakit.
  • Untuk pemberian pakannya, kalian bisa memberikan pakannya sebanyak 4-5x sehari dengan melihat kondisi dari ikan lelenya. Karena apabila lelenya terlambat mendapatkan makan maka sifat kanibalnya akan muncul, sehingga penting untuk mengetahui waktu yang tepat saat memberi makan.
  • Ikan lele itu sendiri punya ketentuan masing-masing dalam pemberian pakannya. Ikan lele membutuhkan makanan sebanyak 3-6% dari berat tubuhnya dan butuh 30% protein, 4-16% lemak, 15-20% karbohidrat serta mineral vitamin. misalnya ikan lele dengan berat 50 gram membutuhkan 2,5 gram makanan. Untuk mengukur beratnya ambil satu sampel setiap 10 hari untuk mengetahui seberapa banyak makanan yang dibutuhkan.
  • Untuk menghemat biaya pakan, anda bisa menggunakan limbah rumah tangga seperti sayur-sayuran.
  • Jangan lupa terus kontrol situasi ikan lele setiap hari agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Berapa Uang untuk Memulai Budidaya Ikan Lele?

Jumlah investasi
pic via Pexels.com
Mungkin ada diantara kalian yang memiliki uang lebih, tapi ada juga yang punya uang terbatas. Oleh karena itu di bawah ini ditampilkan asumsi biaya yang mungkin akan anda keluarkan saat memulai bisnis ini. Diantara lain;
Investasi harga jumlah barang jumlah
Terpal 3x5x1 Rp. 420.000 1 set Rp. 600.000
Bambu (5-6m) diameter 4-6 Rp. 28.000 5 pcs Rp. 140.000
Pipa PVC 3/4″ ,4 meter Rp. 37.000 4 pcs Rp. 148.000
Benih 7-8cm Rp. 200/ekor 3000 ekor Rp. 600.000
Pakan lele PF-500 (ada yg lebih murah) Rp. 175.000/10 kg 240 kg Rp. 4.200.000
Jumlah keseluruhan asumsi biaya investasi ternak lele diluar obat Rp. 5.688.000

Untuk pembelian anda bisa menjumpai banyak situs jual-beli online ataupun toko terdekat di daerah anda, tetapi saya menyarankan untuk membeli di toko yang pemiliknya merupakan praktikan budidaya ikan lele.

Alasannya karena kalian akan mendapatkan mentoring/penyuluhan terlebih dahulu sebelum membeli apa-apa saja yang anda butuhkan secara gratis. Hanya perlu bertanya dan mendengarkan simpel bukan?

Agar Murah dan Hemat

Irit biaya bisnis ternak lele
pic via pexels.com

dari harga yang tertera di atas, tentunya jika kita tidak cerdas dalam mengelola uang pastinya akan sulit untuk menyesuaikan diri dalam bisnis ini. Oleh karena itu apabila anda memiliki uang yang terbatas pastikan anda bisa mengelolanya.

Saran saya anda bisa membelinya sedikit demi sedikit dengan urutan dan kondisi Sedikit demi sedikit dan langsung. Contohnya,

Sedikit demi sedikit, anda bisa membeli bambu terlebih dahulu, setelah anda membeli bambu simpanlah ditempat yang baik agar bambu tidak lapuk atau dimakan rayap bahkan berjamur.

selanjutnya anda bisa membeli pipa pvc untuk keperluan pengairan kolam, sehingga anda sudah punya 2 inventaris

selanjutnya anda bisa membeli terpal dan mulai membuat kolamnya, tentunya dengan cara yang telah direkomendasikan oleh para ahli

Pakan lele juga bisa kalian beli terlebih dahulu sedikit demi sedikit sehingga menghemat biaya. Dan tentu saja anda perlu mengetahui beberapa teknologi mutakhir yang diaplikasikan dalam budidaya ikan lele seperti RED WATER SYSTEM dan lain-lain.

langsung, benih lelenya, kenapa saya masukkan pada kategori mendesak, itu dikarenakan ketika sudah membeli benih seluruhnya harus sudah siap dari kolam dan pengairan serta makanannya. Tidak bisa dicicil karena akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan lele yang akan menimbulkan resiko kanibalisme pada lele apabila disatukan dalam kolam yang sama.

Setelah kita mengenal ikan lele, lalu beranjak ke cara berternak ikan lele serta tips dan trik agar ketika memulai bisnis budidaya ikan lele kalian bisa mengurangi dampak dari resiko-resiko yang mungkin bisa terjadi.

Cukup sekian dulu untuk uji coba kali ini, semoga bisa kita amalkan sehingga menjadikan kita lebih produktif, kreatif dan inovatif kedepannya. Terutama menambah lapangan kerja untuk membangun ekonomi Indonesia kedepannya.

Apabila anda mendapatkan kesulitan anda bisa menuliskannya pada kolom komentar, atas izin Allah semoga saya bisa memberikan jawaban yang tepat untuk pertanyaan anda.

Jika kau terjatuh bangkit dan COBA LAGI AJA, karena setelah kesulitan ada kemudahan. 1000 kegagalan akan kalah dengan 1 kesuksesan

Jangan lupa kunjungi terus situs ini agar hidupmu lebih bermanfaat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: