7 Cara Membaca Pikiran Orang agar Tidak Salah Paham

7 Cara Membaca Pikiran Orang agar Tidak Salah Paham

Cara membaca pikiran orang – Manusia diciptakan dengan segala kemampuannya termasuk dalam membaca pikiran orang lain. Dianugerahi dengan akal dan pikiran yang menjadikannya lebih istimewa dan lebih sempurna dibandingkan makhluk lainnya.

Sebagai makhluk sosial manusia dilahirkan untuk selalu membutuhkan orang lain untuk membantunya menjalani kehidupan di dunia. Berkomunikasi antara satu sama lain adalah hal yang biasanya dilakukan manusia untuk memahami perasaan, keinginan, kebutuhan dan hasrat dalam kehidupan.

Pernah nggak sih kalian memperhatikan wajah orang lain ketika berbicara? bagaimana mereka menyembunyikan sesuatu, sedih, senang, susah, menyimpan marah?

Berkomunikasi satu sama lain seringkali menimbulkan banyak masalah yang menjadikan hubungan menjadi renggang dan tidak baik. Beberapa kasus disebabkan karena tidak pandainya diri dalam memahami perasaan lawan bicara, salah dalam pengambilan kata, ketidakpekaan, dan banyak lagi.

Akan tetapi hal ini bisa dihindari, dengan cara membaca pikiran orang tersebut melalui beberapa tingkah laku dan tanda yang muncul ketika kamu bertemu.

Cara Membaca Pikiran Orang

Berikut ini beberapa cara membaca pikiran orang yang mudah untuk dipraktikkan agar anda sedikit mengurangi kesalahpahaman dalam berkomunikasi dengan sesama, diantaranya :

1. Cara Membawa Pikiran Orang Lewat Sudut Wajah

cara membaca pikiran orang lewat sudut wajah

Wajah adalah organ tubuh manusia yang menjadi hal pertama kita lihat ketika saling bertemu. Wajah merupakan bagian penting dari manusia yang berfungsi membedakan orang yang satu dan yang lainnya.

Diluar sana beberapa orang terlahir dengan wajah yang bahkan tidak memiliki perbedaan sedikitpun, sehingga untuk membedakannya dibutuhkan tanda yang lain. Akan tetapi, berbeda dengan perasaan ataupun pesan yang dapat kita lihat terpancar dari wajah manusia ketika sedang sedih, senang atau ekspresi lainnya.

Sudut wajah yang berbeda akan terlihat sangat jelas ketika mereka sedang sedih, senang, terkadang juga sulit untuk mengetahui hal tersebut. Utamanya bagi orang-orang yang dengan sengaja menyembunyikan perasaan atau sedang berbohong, maka menampakkan ekspresi yang berbeda adalah salah satu caranya.

Hal ini dapat kita sadari dari beberapa bagian wajah yang terlihat tidak setuju atau dengan apa yang dikatakannya. Contohnya, seperti seseorang yang sedang ditanyai tentang hal yang diketahuinya lalu mengatakan hal yang sebaliknya, maka akan muncul tanda disekitar sudut wajahnya seperti alis yang bergerak, lekukan diujung bibir, dan lain-lain.

2. Cara Membawa Pikiran Orang Lewat Pertanyaan Cepat

Pertanyaan yang diajukan secara cepat terkadang menjadi salah satu cara untuk mengetahui perasaan seseorang dengan lebih baik. Dengan teknik yang sedikit menjebak lawan bicara dengan pertanyaan-pertanyaan normal di awal, dan pertanyaan inti di akhir.

Sebagai contoh, ketika seseorang ingin mengetahui rahasia sahabatnya mengenai orang yang paling dia sukai atau senangi.

Sahabat memberikan pertanyaan tentang kesukaan sahabatnya lalu dengan spontan dijawab dengan cepat oleh sahabatnya. Lalu tahap terakhir, sang sahabat memberikan pertanyaan berupa pilihan mengenai 2 orang yang dibenci, dan akhirnya mendapatkan jawaban.

3. Cara Membawa Pikiran Orang Lewat Inkonsistensi

Seseorang seringkali menyimpan rahasia dan ketika tidak ingin ketahuan, ketika orang itu ditanya tentang suatu hal mak orang tersebut tidak konsisten terhadap pernyataan, tingkah laku ataupun jawabannya.

Kegiatan yang menjadi rutinitas adalah kebiasaan yang dapat menjadi alat yang lain untuk membaca pikiran orang. Orang yang sedang mengalami masalah atau sedang menyembunyikan masalah terkadang menjadi tidak konsisten terhadap kebiasaannya.

Baik itu dari buku, musik, kegiatan seperti tidur pagi, dan hal lainnya yang tidak sesuai dengan kebiasaan orang tersebut.

4. Cara Membawa Pikiran Orang Lewat Bahasa Tubuh

cara membaca pikiran orang

Dalam ilmu psikologi bahasa tubuh adalah salah satu bagian ilmu yang mempelajari gerak-gerik seseorang. Terkadang tubuh kita akan secara spontan bergerak mengikuti perasaan, baik ketika kita sedang tersinggung, marah, ataupun patah hati yang disembunyikan.

Ini dapat dengan jelas terlihat sebagai bahasa tubuh dalam menggambarkan emosi seseorang. Mengenai ilmu tersebut dapat anda dalami lagi dalam bidang psikologi psikolinguistik.

5. Cara Membawa Pikiran Orang Lewat Ekspresi Wajah

cara membaca pikiran orang 2

Sebagaimana disebutkan sebelumnya bahwa wajah adalah bagian tubuh yang mudah untuk dibaca, dan ekspresi pada wajah merupakan alat untuk menyampaikan emosi seseorang.

Ekspresi yang tidak natural akan sangat terlihat dan mudah disadari oleh lawan bicara, kecuali untuk orang-orang yang memiliki tingkat kepekaan yang rendah.

Contohnya, ekspresi wajah yang menunjukkan bahwa orang tersebut sedang berbohong, mata akan melihat ke arah yang lain, senyum pada bibir yang terlihat memaksakan, atau bahkan tawa yang dibuat-buat.

6. Cara Membawa Pikiran Orang Lewat Nada Bicara

Nada, penekanan suara ataupun intonasi suara seseorang ketika berbicara dapat menggambarkan emosi individu tersebut. Ketika marah nada yang dikeluarkan menjadi lebih tinggi, ketika malas maka nada suaranya menjadi lebih rendah, dan banyak lagi yang lain.

Tapi, beda dengan orang timur, nada tinggi mereka bukan berarti marah, itu hanya sebuah kebiasaan dimana mereka yang hidup saling berjauhan berkomunikasi satu sama lain. Bahkan ketika marah, mereka menjadi lebih dingin dan nada bicaranya menjadi lebih datar dan rendah.

Terkadang suara orang yang gugup akan terlihat lebih terengah-engah atau gelagapan, orang yang marah cenderung mengeluarkan suara keras, orang yang tak acuh cenderung mengeluarkan ekspresi dengan nada suara yang datar.

Untuk lebih baiknya, kamu bisa mengetahui karakteristik atau sifat seseorang dengan Tes MBTI.

7. Cara Membaca Pikiran Orang dengan Jarak

Jarak juga bisa menjadi sebuah alat yang bisa mendeteksi isi pikiran seseorang. Seperti ketika seseorang sedang merasa risih atau takut, maka mereka cenderung untuk menjaga jarak dengan orang lain.

Selain itu kamu juga bisa mengetahui apakah orang tersebut bertujuan buruk atau mungkin sedang menyembunyikan perasaannya terhadap kamu.

Penutup

Alhamdulillah kita telah sampai di penghujung konten mengenai teknik berkomunikasi dengan membaca pikiran orang sehingga kita tidak mudah salah paham.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: