Cara Mengobati Sakit Gigi Menggunakan Bahan Alami dengan Cepat

Cara Mengobati Sakit Gigi Menggunakan Bahan Alami dengan Cepat

Cara mengobati sakit gigi

Cara mengobati sakit gigi – Sakit gigi salah satu penyakit yang paling sering diderita oleh banyak orang, mulai dari nyeri ringan sampai berat.

Hal ini biasanya disebabkan oleh kerusakan pada gigi akibat bakteri dan kuman yang menyerang gigi, serta gigi yang tidak terawat.

Rasa nyeri yang dihasilkan tidak kenal waktu, datang dan pergi dan terkadang berangsur-angsur.

Saat mengalami sakit gigi kamu akan merasakan nyeri, susah mengunyah, atau menggigit bahkan untuk membuka mulut saja sakit.

Selama sakit tersebut gigi menjadi lebih sensitif dengan suhu makanan, pipi menjadi bengkat, gusi berdarah, dan terasa nyut-nyutan sampai kepala.

Tidak jarang sakit yang dirasakan ketika sakit gigi bisa menjalar ke seluruh tubuh. Utamanya pada kepala, sakit yang dirasakan biasanya pada bagian telinga, keseluruhan kepala, dan rahang.

Tapi tenang, Di sini kami akan memberikan solusi yang Insya Allah dapat membantu. Cara mengobati sakit gigi sangat banyak ada yang alami dan sintetis.

Tinggal Kamu pilih, mau yang natural atau buatan tangan manusia.

Ada beberapa cara mengobati sakit gigi yang bisa kamu lakukan di rumah, di antaranya :

berkumur dengan air garam
via pixabay

Cara Mengobati Sakit Gigi : Berkumur dengan Air Garam

Tenang dan sabar, jangan terlalu cepat mengambil keputusan untuk membeli obat diapotek. Terlalu banyak mengkonsumsi obat kimia dapat merusak fungsi hati.

Dengan berkumur air garam, Insya Allah bisa mengurangi rasa sakit yang kamu derita. Air garam itu sendiri berfungsi sebagai disinfektan alami.

Ini merupakan salah satu obat mujarab yang telah ada secara turun temurun dan memang terbukti efektif. Selain mengurangi rasa nyeri, radang, air garam juga mampu mengobati luka pada mulut.

Caranya mudah dan simpel, hanya dengan mencampurkan 1/2 sendok teh untuk segelas air hangat. Lalu kumurlah dengan menggunakan air garam tersebut, tanpa ditelan.

Manfaat lain dari menggunakan garam sebagai cara mengobati sakit gigi adalah menghilangkan partikel sisa makanan yang ada di mulut.

 

Cara Mengobati Sakit Gigi : Kompres dengan Es Batu

Umumnya nyeri yang dialami ketika sakit gigi terjadi di sekitar pipi, hal ini disebabkan oleh bengkaknya gusi yang dekat dengan pipi.

Bengkak yang muncul bisa jadi adalah infeksi terjadi dalam gusi. Untuk mengurangi rasa sakit yang Anda derita, bisa menggunakan kompres air es atau es batu.

Hal ini ditujukan untuk menjadikan pembuluh darah pada bagian yang sakit tadi menyempit, sehingga rasa sakit berkurang.

Suhu dingin pada es juga bisa mengempeskan bengkak dan meredakan radang.

Anda bisa melakukan ini di rumah dengan mudah, dan lumayan efektif sebagai pertolongan pertama.

Caranya mudah, Anda bisa mengambil handuk dan membungkus es batu dengan handuk tersebut, lalu tempelkan pada bagian yang sakit/bengkak.

Tempelkan kira-kira 20 menit, ini bisa dilakukan dengan bersantai atau sambil tiduran.

Atau bisa juga dengan menggunakan alat lain yang berfungsi sama seperti kompres.

Lakukan ini setiap selang beberapa jam, sampai nyerinya hilang.

Cara Mengobati Sakit Gigi : Obati Dengan Bawang Putih

selain dari garam, ada juga bawang putih yang bisa Kamu pakai sebagai salah satu cara mengobati sakit gigi.

Kamu tentu tidak aneh dengan bahan yang satu ini. Bahan-bahan dapur yang biasa digunakan dalam memasak berbagai macam makanan, mengharumkan aroma dan melezatkan rasa.

Ternyata bukan hanya itu manfaatnya, bawang putih dapat digunakan dalam kesehatan juga kecantikan. Dalam hal ini bawang putih bisa membantu menyembuhkan sakit gigi.

Bawang putih itu sendiri merupakan salah satu antibiotik alami yang mudah Kamu temukan. Selain itu kandungan Alisin dipercaya mampu melawan infeksi.

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa sakit gigi bisa jadi merupakan akibat dari infeksi yang terjadi pada gusi atau kuman pada gigi.

Mengkonsumsi bawang dalam setiap masakan dapat membantu dalam meningkatkan pertahanan terhadap infeksi.

Menghaluskan bawang dan langsung mengoleskannya pada luka infeksi akan lebih banyak berpengaruh. Nyeri yang dirasakan bisa reda dengan cepat dan mencegah infeksi semakin parah.

minyak cengkeh
via pixabay

Cara Mengobati Sakit Gigi : Minyak Cengkeh

Cara mengobati sakit gigi yang sekian, dengan menggunakan minyak cengkeh Kamu bisa mengurangi peradangan pada daerah sekitar mulut ketika sakit.

Minyak cengkeh bisa kamu dapatkan di apotek atau ditempat lain seperti marketplace. 

Kandungan eugenol pada minyak cengkeh berguna sebagai antiseptik alami. Penggunaan minyak cengkeh itu sendiri cukup mudah dan Anda bisa mendapatkannya di toko-tok terdekat.

Caranya dengan menggunakan minyak cengkeh untuk merendam kapas. Setelah kapas direndam pada minyak cengkeh lalu letakkan pada gigi berlubang atau gigi yang sakit.

Gigit kapas tersebut selama beberapa menit, dan lakukan beberapa kali dalam sehari, sekitar 5-7 kali.

Kefektifan dari minyak cengkeh dapat Anda bandingkan dengan kinerja benzocaine pada obat pereda nyeri dan gigi.

Kurang lebih hampir sama dalam meredakan nyeri.

cara mengatasi sakit gigi
via pexels.com

Cara Mengobati Sakit Gigi : Kumur atau Kunyah Daun Jambu

Bahan alami lain yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi nyeri pada mulut akibat sakit gigi adalah daun jambu.

Daun jambu terbukti mampu meringankan sakit gigi, dengan sifat anti-peradangan yang dimiliki buah berbiji yang satu ini.

Selain dari meringankan rasa sakit gigi juga dapat membantu menyembuhkan luka akibat terjatuh atau tergores dan lain-lain.

Ada lagi Kandungan zat pada daun jambu yang memiliki sifat anti-mikroba. Dalam hal perawatan gigi dan mulut, sudah jangan diragukan lagi, Insya Allah bermanfaat.

Cara menggunakannya relatif mudah, hanya dengan mengunyah mentah-mentah daun jambu segar yang sudah dicuci.

metode lainnya dengan memasak daun jambu yang sudah dihancurkan dengan air sampai mendidih, lalu biarkan sampai hangat. Selanjutnya gunakan untuk berkumur.

Cara Mengobati Sakit Gigi : Minyak Vanili

Dahulu kala , mminyak vanili sudah dikenal sebagai obat untuk meredakan nyeri dan ngilu pada gigi.

Pada dasarnya kandungan senyawa antioksidan serta alkohol dalam ekstrak tanaman inilah yang berperan dalam pertolongan tersebut.

Cara Mengobati Sakit Gigi : Oleskan atau Konsumsi Jahe

Bahan alami nomor sekian adalah jahe. Jahe dipercaya mampu mengobati jenis gangguan pada saluran pencernaan. Selain itu Jahe terbukti ampuh dalam mengobati bengkak dan nyeri.

Dalam sebuah studi, membandingkan efektifivitas dari jahe dan ibuprofen  untuk menghilangkan radang serta nyeri pda bagain yang sakit.

beberapa metode penggunaan jahe sebagai cara mengobati sakit gigi ialah

  • Konsumsi kapsul dari serbuk jahe,
  • Air rebusan jahe juga berkhasiat.
  • Sebagai obat tetes minyak jahe, teteskan pada gigi yang sakit.

Cara Mengobati Sakit Gigi : Penggunaan Karbon Aktif untuk Obat Sakit Gigi

Activated Charcoal atau Karbon Aktif pada umumnya dipakai sebagai penawar ketika menderita keracunan.

Bahan karbon aktif biasanya dikonsumsi dalam bentuk kapsul atau tablet yang berfungsi untuk menyerap racun yang ada pada saluran pencernaan.

Setelah racun diserap, lalu karbon aktif tersebut tadi ikut terbuang bersama tinja.

Akan tetapi, karbon aktif diketahui bisa untuk menyembuhkan radang atau nyeri pada gigi.

Dengan menggunakan karbon aktif untuk menyikat gigi, akan menghilangkan plak sisa makanan serta bakteri yang melekat pada gigi.

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa karbon aktif mampu mencegah gigi berlubang serta menjaga kesehatan mulut.

Dengan hal ini mulut akan lebih sehat, segar serta terhindar dari penyakit mulut seperti sariawan dan sakit gigi.

Nilai Plus ++ , Karbon aktif juga mampu memutihkan gigi Kamu, ini sangat bagus bagi kamu yang sering makan permen atau minum kopi, karena itu akan membuat gigi menguning.

Cara Mengobati Sakit Gigi : Kumur dengan Menggunakan Cairan Hidrogen Peroksida

Ketika Anda mengalami sakit gigi, mulut akan susah untuk berbicara akibat dari nyeri yang diderita disekitaran gigi.

Beberapa obat kimia bisa membantu Anda dalam mengatasi permasalahan ini. Salah satu bahan tersebut adalah Hidrogen Peroksida.

Dari namanya mungkin Anda mengira ini akan berbahaya untuk kesehatan. Jangan terlalu cepat menyimpulkan, tidak semuanya akan berbahaya kalau tau cara penggunaannya.

Hidrogen Peroksida itu sendiri memiliki fungsi untuk membunuh kuman serta melawan bakteri jahat yang ada pada mulut dan gigi saat radang menyerang.

Selain daripada itu senyawa ampuh dalam menghilangkan plak serta mengobati gusi yang berdarah bisa diatasi. Ini akan membantu dalam mengurangi efek nyeri dan gejala lain dari sakit gigi.

Tetapi ingat, ada tata caranya. Untuk penggunaan cairan ini, Anda harus mencampurkannya dengan air. Hal ini ditujukan agar gigi dan gusi tetap aman dan sehat.

campurkan 3% hidrogen peroksida dengan perbandingan jumlah volume 50:50.

Peringatan ! Pemakaian Hidrogen peroksida tanpa campuran air akan merusak gigi dan gusi dan bukan untuk diminum.

Dan saya sendiri menyarankan untuk mencoba ini kalau sudah tidak ada bahan lain, coba yang alami dulu.

Cara Mengobati Sakit Gigi : Menggunakan Teh Celup Hangat

Tidak pernah terpikirkan sebelumnya, bahan seperti teh yang biasanya hanya untuk membuat air teh, ternyata bisa menjadi pereda nyeri sakit gigi.

Hal demikian disebabkan adanya Zat Tanin alami yang dikandung oleh teh yang mampu mematikan rasa sakit.

Ini merupakan kabar yang baik untuk Anda pastinya, karena setelah membuat teh Kamu bisa menjadikan teh celup yang masih hangat tersebut sebagai obat.

Teh celup itu sendiri selain berfungsi mematikan rasa sakit, juga bisa mengatasi pembengkakan ataupun iritasi pada gusi.

Caranya mudah, hanya dengan meletakkan teh celup hangat pada daerah gigi yang sakit selama beberapa menit, sampai sakit reda.

Perhatian !! Jangan berlebihan dalam menggunakannya, karena akan berakibat menodai gigi, seperti halnya air putih yang menguning akibat teh.

Dan jangan menggunakan teh celup yang masih panas.

Cara Mengobati Sakit Gigi : Menggunakan Sayuran Timun/Kentang

Timun atau kentang selain untuk dikonsumsi dalam bentuk sayur, sayuran ini juga bisa Kamu manfaatkan untuk meminimalkan infeksi pada gusi yang menyebabkan nyeri.

Mudahnya, iris kentang atau timun tidak terlalu tebal, sekitar 1 cm tebalnya, lalu letakkan pada gusi atau gigi yang sakit.

Jika sakit masih berlanjut maka sudah sepatutnya Anda memeriksakannya ke dokter.

Perhatian !! Setiap cara di atas tidak akan menggugurkan kewajiban Anda untuk memeriksakan gigi ke dokter, minimal 6 bulan sekali.

Dan ingat, menjega kesehatan tubuh adalah kewajiban setiap orang, kalau bukan diri sendiri yang memulai, siapa lagi?.

Kalau bukan dari sekarang, kapan lagi? jangan tunggu ada kasus baru menyesali.


Demikianlah beberapa cara mengobati sakit gigi secara alami yang bisa kamu lakukan di rumah, semoga bermanfaat dan bisa mengatasi penyakit Kamu.

Terima kasih sudah berkunjung 🙂

Jangan lupa untuk terus kunjungi situs ini agar hari-harimu lebih produktif, kreatif dan inovatif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: