Contoh Makalah Disertai dengan Pengertian, Jenis dan Cara Membuatnya

Contoh MakalahBagi anda yang sedang menjalani masa pembelajaran, baik di SD, SMP, SMA, maupun Perguruan Tinggi, tidak akan luput dari tugas.

Para guru seringkali memberikan tugas kepada muridnya dengan berbagai macam cara dan media yang digunakanpun beragam. Baik itu lewat sebuah karya ilmiah, sebuah karya seni, ataupun media lain yang bisa digunakan dalam penyetoran tugas.

Biasanya untuk pelajar yang masih duduk di bangku SD maupun SMP masih di bebankan dengan tugas makalah. Sedangkan untuk pelajar SMA sudah mulai mempelajar jenis karya ilmiah lain seperti karya tulis ilmiah, resensi, laporan praktikum dan lain-lain.

Sedangkan di bangku perkuliahan makalah akan dikerjakan dengan kaidah penulisan tertentu yang tentunya resmi dan dengan bahasa yang lugas dan informasi yang lebih akurat.

Dikarenakan akan sangat banyak apabila dibahas satu persatu dalam satu konten, Insya Allah akan saya sediakan beberapa konten yang membahas karya ilmiah secara khusus.

Untuk saat ini saya akan membahas mengenai makalah, apa itu makalah, pengertiannya, jenis makalah, ciri-ciri makalah, cara membuat makalah, serta contoh makalah itu sendiri.

Sangat penting untuk mengetahui bagaimana membuat makalah yang baik dan benar. Ini akan mempengaruhi dalam penilaian tugas-tugas anda.

Insya Allah kali ini saya akan menjabarkan beberapa informasi yang semoga bermanfaat terutama untuk membantu pembuatan makalah kamu agar lebih baik.

Selamat membaca !

PENGERTIAN MAKALAH

Sebelum masuk pada pembahasan lainnya, ada baiknya mengenal sebuah ilmu terlebih dahulu. Tujuannya agar kita paham dengan apa yang akan kita dapatkan dari mempelajari ilmu tersebut.

Makalah, apa itu makalah? Apakah itu sejenis tulisan yang tanpa aturan, merupakan bentuk sebuah opini atau argument semata? Bukan.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, Makalah merupakan sebuah tulisan yang bersifat resmi yang ditujukan untuk dibaca di muka umum. Baik itu di sebuah perkumpulan atau persidangan, yang sebagian besar makalah disusun untuk diterbitkan.

Ini merupakan salah satu jenis karya tulis ilmiah yang disusun oleh pelajar ataupun mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau universitas.

Selain menjadi sebuah tugas tertulis, biasanya makalah ini disusun sebagai alat untuk memacu pelajar dan mahasiswa untuk menambah ilmu diluar pembelajaran.

Beberapa ahli mengartikan sebuah makalah sebagai berikut

Makalah Menurut E. Zaenal Arifin

“Makalah ialah karya tulis ilmuah yang menyajikan suatu masalah yang pembahasannya berdasarkan data di lapangan yang bersifat empiris-objektif.”

Makalah Menurut A.E. Fachrudin

“Makalah ialah jenis tugas kuliah yang harus diselesaikan secara tertulis, baik sebagai hasil pembahasan buku “book report” maupun sebagai hasil karangan tentang suatu pokok persoalan.”

Menurut M. Widyamartaya Dan Veonika Sudiarti

“Makalah ialah suatu karya tulis yang disusun oleh seseorang atau kelompok yang membahas suatu pokok bahasan yang merupakan hasil penelitian di bidang pendidikan dan kebudayaan.”

Kesimpulan

Sehingga dapat disimpulkan bahwa makalah ialah suatu karangan karya tulis ilmiah yang bersifat empiris-objektif hasil dari kerja perseorangan atau kelompok yang menghasilkan sebuah data di lapangan pada bidang tertentu.

Ciri-ciri Makalah

Sama seperti karya ilmiah yang lain, makalah memiliki karakteristik sendiri. Beberapa hal membedakan makalah dengan karya tulis ilmiah lainnya seperti skripsi, Artikel, surat pembaca, resensi dan lain-lain.

Ciri-ciri makalah didasari pada beberapa hal yang dibahas di dalamnya, ciri-ciri makalah sebagai berikut :

  1. Makalah merupakan sebuah kajian literatur atau laporan dari kegiatan lapangan, yang isinya merupakan bahasan dari suatu bidang ilmu atau mata kuliah tertentu.
  2. Makalah menjadi sebuah alat untuk menampakkan pemahaman seseorang terhadap suatu aspek permasalahan yang bersifat teoritik. Dikaji dengan menggunakan teori, prosedur serta prinsip yang berhubungan dengan bidang ilmunya.
  3. Menjadi alat pengukur kemampuan pelajar atau mahasiswa dalam mengkombinasikan beberapa informasi menjadi satu karya tulis yang utuh. Serta melatih fokus dalam penggunaan tata bahasa, memperhatikan EYD, etika mengutip dalam penulisan dan menyimpulkan bahasan.
  4. Mempunyai sistematika yang paten dan tidak acak-acakan dengan kaidah penulisan yang telah diatur sedemikian rupa.

Jenis-jenis Makalah

Karya tulis yang satu ini terbagi lagi dalam beberapa jenis, berdasarkan pembahasannya di bagi menjadi 3 yakni Deduktif, Induktif, dan Campuran. Penjelasannya sebagai berikut :

Makalah Deduktif

Merupakan hasil dari pengkajian teoritis yang ada pada literatur tertentu yang disusun sedemikian rupa.

Dikenal sebagai makalah deduktif sebab kalimat utamanya berada pada awal paragraf serta pola yang digunakan dalam mengembangkan pembahasannya adalah pola deduksi. Mulai dari yang bersifat umum lalu mengkerucut pada yang khusus.

Makalah Induktif

Merupakan jenis makalah yang penyusunannya merupakan hasil dari data yang bersifat empiris. Diperoleh dari sebuah penelitian di lapangan yang relevan dengan pokok kajian dari suatu bidang ilmu.

Disebut sebagai makalah induktif sebab digunakan pola induksi dalam mengembangkan isi bahasannya. Dimulai dari yang bersifat khusus sampai pada hal yang bersifat umum serta kalimat utamanya berada di akhir paragraf.

Makalah Campuran

Adalah gabungan dari makalah deduktif dan induktif yang dasar penyusunannya dari data bersifat empiris dan kajian teoritis.

Dalam penyusunannya makalah ini membahas mulai dari perihal umum lalu ditambahkan kalimat penjelas yang sifatnya khusus dan diakhiri dengan kesimpulan yang sifatnya umum.

Makalah campuran terbagi atas 6 jenis di antaranya :

  • Makalah Analisis
  • Makalah Tanggapan
  • Makalah Ilmiah
  • Maklah Kerja
  • Makalah Kajian
  • Makalah Posisi

Makalah ilmiah – makalah ini biasanya membahas permasalahan yang ditulis dari hasil studi ilmiah dan jenis makalah ini tidak berdasarkan pendapat atau opini dari penulis yang bersifat subyektif

Makalah kerja – biasanya makalah ini diperoleh dari hasil sebuah penelitian dan memungkinkan seorang penulis makalah tersebut berargumentasi dari permasalahan yang dibahas yang didapatkan dari sebuah proses penelitian dan itu artinya opini yang bersifat subyektif dari penulis lebih memungkinkan pada makalah jenis ini

Makalah kajian – isi dari makalah ini biasanya sebagai sarana pemecahan suatu masalah yang bersifat kontroversial

Makalah posisi – istilah ini digunakan untuk karya tulis yang disusun atas permintaan suatu pihak yang fungsinya sebagai alternatif pemecahan masalah yang kontroversial. Prosedur pembahasan dan penulisannya dilakukan secara ilmiah

Makalah analisis – sifat dari makalah ini adalah obyektif-empiris

Makalah tanggapan – biasanya makalah ini sering dijadikan sebagai tugas mata kuliah bagi mahasiswa yang isinya merupakan reaksi terhadap suatu bacaan

Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar

contoh karya ilmiah
pic via pixabay.com

Dalam membuat makalah tentunya ada beberapa hal yang wajib dan beberapa hal sebagai tambahan untuk memperindah dan melengkapi makalah.

Adapula aturan-aturan yang digunakan dalam membuat makalah tidaklah sembarangan. Menulis makalah dengan menggunakan aturan yang telah tersedia merupakan bentuk keprofesionalitasan. Akan sangat bagus kalau kamu menunjukkan profesionalitasmu dalam hal ini.

Hal yang harus kamu perhatikan dalam menulis makalah adalah sebagai berikut :

Format kertas yang bagus

  1. Sampul makalah biasanya menggunakan kertas Jenis bufallo, atau jika ingin lebih bagus lagi, kamu bisa menggunakan kertas jenis art carton atau art paper. Kertas jenis ini biasa digunakan dalam membuat majalah, cover buku dan lain-lain.

Tapi tidak disarankan bagi yang sedang menghemat uang, apalagi untuk pelajar.

  1. Menggunakan format kertas ukuran A4
  2. Jarak spasi dan paragraf : 1,5
  3. Model huruf (font type) : Times New Roman
  4. Ukuran huruf 12
  5. Format margin 4 (Atas) – 3 (Bawah) – 3 (Kanan) – 4 (Kiri)

Setelah mengetahui format kertas dan aturan penulisannya, selanjutnya adalah isi dari makalah yang akan dibuat. Standar makalah yang baik dan benar berdasarkan aturan yang biasa digunakan dalam penulisan makalah.

Ada beberapa poin yang harus ada dalam struktur makalah diantara lain :

  1. Cover Makalah
  2. Kata Pengantar
  3. Daftar Isi
  4. Pendahuluan
  5. Pembahasan
  6. Penutup
  7. Daftar Pustaka
  8. Lampiran

Selain dari 8 poin di atas adapula tambahan seperti motto, lembar persembahan, dan lain-lain. Untuk lebih memahami pembuatan poin-poin di atas, di bawah ini saya sediakan contoh dan penjelasannya.

Cover Makalah

Cover ialah halaman depan atau wajah dari suatu karya. Sedangkan cover makalah ialah wajah dari makalah yang berisikan informasi umum mengenai isi bahasan. Cover yang bagus akan memberikan kesan pertama yang baik juga.

Orang-orang seringkali menilai sesuatu terlebih dahulu melalui covernya atau wajahnya, jika wajahnya baik, bagus, indah, maka akan ada ketertarikan untuk mengetahui lebih dalam.

Sehingga penting untuk menampilkan cover terbaik yang bisa kamu buat dalam makalahmu agar bisa menarik perhatian guru ataupun dosen untuk membaca. Bandingkan dengan cover yang berantakan, kotor dan tidak teratur, pastinya akan buruk.

Dalam cover makalah ada beberapa hal yang harus kamu masukkan, sebagai berikut :

  • Judul Makalah

Untuk judul makalah, posisinya berada bagian paling atas dari cover, menggunakan huruf kapital dan ditulis bold (tebal). Ukuran huruf 14-16

  • Logo sekolah/kampus/universitas

Posisinya berada di tengah-tengah cover ukurannya sedang dan warnanya sesuai dengan logo aslinya.

  • Data lengkap

Untuk data penulis, biasanya berisi nama lengkap, Nomor Induk , Jurusan atau kelas, berkelompok atau sendiri.

  • Fakultas, kelas, kampus atau sekolah

Jangan lupa untuk menuliskan nama fakultas, kelas, universitas dan sekolah. Tulis nama institusi pendidikan masing-masing.

  • Kota serta tahun pembuatan makalah

Untuk kelengkapan data seperti nama sekolah, fakultas, nama lengkap, kota dan tahun pembuatan, menggunakan ukuran font 12 serta barisnya rata tengah (Ctrl + E di MS. Word).

Dalam pembuatan cover kamu tidak harus menggunakan lambing jika tidak ada aturan yang pasti, bisa berupa garis atau yang lainnya.

Kata pengantar

 

Adapun kata pengantar yang baik dan benar berisikan beberapa hal, sebagai berikut :

  • Mengucapkan kalimat syukur pada Tuhan , contohnya : Puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karuniaNya.
  • Tak lupa memberikan ucapan terima kasih pada setiap pihak yang berjasa dalam pembuatan makalah
  • Alasan dalam pembuatan makalah dengan judul yang diambil.
  • Menyampaikan harapan serta pernyataan bersedia untuk menerima kritikan dan saran.
  • Penutup

Daftar Isi

Merupakan rentetan pembahasan dalam makalah yang dituliskan poin per poin seperti yang tertera pada artikel ini.

Daftar isi pada novel atau buku berbeda dengan daftar isi pada makalah. Perbedaannya pada pemberian tanda titik-titik setelah sub judul dan sebelum nomor halaman.

Berikut contohnya :

Contoh Daftar Isi Makalah 1

contoh daftar isi makalah
pic by deviraprs.blogspot.co.id

Contoh Daftar Isi Makalah 2

contoh daftar isi
via google.com

Contoh Daftar Isi Makalah 3

contoh daftar isi makalah
via google.com

Contoh Daftar Isi Skripsi

contoh daftar isi
via google.com

 

Contoh Daftar Isi Laporan

contoh daftar isi
via google.com

Pendahuluan

Bab 1 pendahuluan berada tepat setelah daftar isi. Bab ini berisikan beberapa hal seperti :

  • Latar Belakang
  • Rumusan Masalah
  • Maksud dan tujuan

Pembahasan Makalah

Di dalam bab ini merupakan inti dari setiap makalah. Pada bagian ini kamu akan menjelaskan semua informasi terkait dengan praktikum, kajian teori, menjabarkan metode penelitian sasaran, dan hasil peneilitian di lapangan. Dan menjelaskan mengenai permasalahan yang telah dijabarkan dalam rumusan masalah satu persatu secara berurutan.

Pada penulisan pembahasan kamu diharuskan menampilkan data ilmiah yang bersifat kuantitatif maupun kualitatif. Serta makalah ini memunculkan teori-teori yang digunakan dalam mendukung permasalahan yang kamu angkat.

Penyajiannya dapat menggunakan berbagai media seperti diagram, tabel, grafik, atau infografis yang lebih mudah untuk dipahami. apabila data yang berhasil ditemukan merupakan hasil dari wawancara, maka data yang dimasukkan berupa kutipan dari narasumber.

Selalu berhati-hati dengan jawaban yang subjektif, atau menjelaskan pembahasan berdasarkan opini pribadi tanpa mengaitkan beberapa referensi ataupun literatur.

Penutup Makalah

Penutup, berisikan kesimpulan dari pada makalah secara garis besar dan mengandung jawaban atau tujuan pembuatan makalah seperti yang tertulis dalam bab 1. Selain kesimpulan, adapula saran yang diajukan penulis terhadap permasalahan yang diangkat dalam makalah tersebut.

Dan dalam penutup ini penulis menyampaikan kesannya terhadap penelitian tersebut, apakah perlu diadakan peninjauan kembali, atau memuaskan.

Daftar Pustaka Makalah

Daftar pustaka berisi sumber-sumber referensi yang dijadikan sebagai rujukan dalam penulisan makalah. Sumber rujukan bisa berupa buku, jurnal, skripsi, berita atau dari internet. Masing-masing sumber memiliki cara penulisannya sendiri dalam penulisan pustakanya.

Fungsinya untuk mnunjukkan kepada pembaca sumber-sumber data dan teori dalam makalah sehingga dapat membangun kepercayaan pembaca terhadap keilmiahan makalah.

Susunan penulisan daftar pustaka secara urut adalah nama penulis, tahun terbit, Judul buku/karya, tempat terbit dan nama penerbit.

Lampiran Makalah

Lampiran makalah adalah dokumen tambahkan ke dalam makalah untuk melengkapi dokumen utama. Fungsinya sebagai data pelangkap untuk mendukung atau menguatkan gagasan dalam makalah.

Lampiran dapat berupa teks, dokumen pendukung, hasil survey, kuitansi, kliping, gambar/foto, grafik atau tabel. Lampiran tersebut terlalu panjang apabila diletakkan di dalam makalah. Oleh sebab itu diletakkan di akhir (di lampiran), setelah daftar pustaka.

Lampiran sifatnya opsional di dalam makalah. Boleh ada dan boleh juga tidak ada. Berikut ini contoh lampiran makalah yang berbentuk tabel. Banyak contoh lain bentuk lampiran yang bisa kamu kembangkan.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: