Teks Negosiasi dan Contoh Teks Negosiasi yang Ampuh Menghipnotis Pembeli

Teks Negosiasi dan Contoh Teks Negosiasi yang Ampuh Menghipnotis Pembeli

Contents

Teks Negosiasi dan Contoh Teks Negosiasi

Teks negosiasi – Assalamu’alaykum warohmatullahi wabarokatuh, Dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial, tidak akan terlepas dari komunikasi antar sesama dalam segala hal, baik itu jual beli yang di dalamnya terdapat negosiasi, atau mungkin penawaran dan akad.

Ada juga pertentangan dan perdebatan akan satu topik dengan sudut pandang yang berbeda dari setiap orang yang menjadikan ke tidak sinkronan jawaban sehingga menimbulkan konflik.

atau mungkin dalam kegiatan berbisnis ketika Anda ingin menawarkan sebuah produk kepada seseorang dengan harga tertentu dengan kualitas produk sedemikian rupa, tawar menawar terjadi atau kita sebut juga negosiasi.

Yah, bernegosiasi ini sering kali terjadi dalam keseharian kita baik itu di pasar, di kantor, atau bahkan dalam perniagaan berbasis online.

Tentunya negosiasi ini memiliki tujuan dimana memberikan keuntungan terhadap kedua pihak yang terkait, dalam transaksi atau kerjasama atas barang dan jasa yang dimiliki kedua belah pihak.

Selain daripada itu dalam peperangan pun sering terjadi hal tersebut untuk mencapai kedamaian hasilnya dimuat menjadi sebuah perjanjian.

berikut ini akan saya bahasa mengenai pengertian teks negosiasi, contoh teks negosiasi, struktur, kasidah, dan tujuannya negosiasi  yang lebih rinci.

Pengertian Teks Negosiasi

teks negosiasi
via google

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, negosiasi merupakan sebuah persetujuan, perjanjian yang disepakati kedua belah pihak.

Secara gamblangnya pengertian teks negosiasi dijabarkan sebagai beriku :

Teks Negosiasi merupakan sebuah bentuk komunikasi atau interaksi sosial yang tujuannya adalah mencapai kesepakatan diantara pihak-pihak yang bersangkutan atas kepentingan yang berbeda-beda.

Sesuai yang dijabarkan di atas bahwa dari perjanjian atau kesepakatan yang telah dilaksanakan oleh individu atau kelompok, mereka memiliki hak dan kewajiban masing-masing dalam melaksanakan dan menuai manfaat dari negosiasi tersebut, sesuai dengan yang telah disepakati bersama.

Kaidah Kebahasaan

Dalam pelaksanaannya, kegiatan bernegosiasi ini memiliki kaidah kebahasaan yang biasanya diaplikasikan dalam teks negosiasi yang sering kita lakukan, diantara lain :

  • Isi dari negosiasi merupakan pasangan tuturan ( tanya & jawab /lainnya )
  • Bahasa yang digunakan adalah bahasa yang santun
  • Bersifat persuasif ( membujuk ) , ada rayuan atau bujukan
  • Berdasarkan data atau fakta dan argumen yang kuat
  • Tidak menyela argumen pihak lain
  • Tercipta kesepakatan yang tidak merugikan satu pihak
  • Sifatnya memberi perintah dan mematuhi perintah
  • Meminta alasan atas jawaban pihak lain, (mengapa ya /kenapa tidak? atau yg lainnya)
  • Tidak diperbolehkan berargumen langsung dalam sekali waktu.

Berikut di atas adalah beberapa hal yang harus kita perhatikan dan kita ketahui sebelum melaksanakan negosiasi. walau dalam hal ini Anda mungkin tidak mengetahui teori tapi bisa mempraktekkan dengan baik, mungkin bisa menjadi bahan ajar untuk orang lain.

Tujuan Negosiasi

contoh teks negosiasi
via pixabay

Secara umum tujuan dari negosiasi telah kita sebutkan di atas, adapun beberapa tujuan negosiasi dalam sebuah agenda atau kegiatan bisnis adalah sebagai berikut :

  • Untuk mencapai situasi dimana kedua pihak yang melaksanakan negosiasi saling diuntungkan dan tidak ada rugi atau sering disebut win-win solution.
  • Kesepakatan yang dicapai merupakan hasil dari kesamaan pandangan atas suatu permasalahan, dimana saling mengerti dan setuju satu sama lain.
  • Untuk menggapai sebuah jalan keluar atau penyelesaian dari suatu permasalahan yang dihadapi.

Manfaat Negosiasi

Selain tujuan dari negosiasi, adapula manfaat dari kegiatan ini yakni,

Manfaat Negosiasi yakni untuk menjalin sebuah kerja sama antara individu-individu, intitusi, kelompok, badan usaha, dalam melaksanakan sebuah kegiatan dan usaha bersama dengan dasar saling pengertian.

Ciri-ciri Teks Negosiasi

adapun ciri-ciri teks negosiasi yang menjadikannya berbeda dengan bentuk teks dan tujuan dari penggunaan teks lainnya, diantara lain :

  • Memprioritaskan kepentingan kedua pihak yang bersangkutan
  • Hasil dari kesepakatan saling menguntungkan
  • Tujuan dari negosiasi untuk menghasilkan solusi praktis
  • Adalah sarana penyelesaian masalah.

Syarat Negosiasi

contoh teks negosiasi
via google.com

Negosiasi hanya dapat terjadi jika ada dua pihak atau lebih yang melakukan kegiatan bertukar pikiran untuk mencari kesepakatan, yang bisa bersifat mengntungkan kedua belah pihak, atau satu pihak saja. Persoalan yang ada biasanya tidak bisa diselesaikan sendirian, untuk itu harus ada penengah guna sebagai negosiator. Selain itu, negosiasi juga dapat diartikan sebagai langkah untuk membangun kesepakatan di antara persoalan dan perdebatan yang sedang di hadapi. Untuk memberikan sedikit refrensi kepada anda, di bawah ini kami sudah siapkan contoh teks negoisasi beserta strukturnya yang cukup singkat.

Struktur Kompleks Negosiasi

Dalam penyusunan teks negosiasi tentu adalah struktur yang harus dipenuhi sehingga mampu mencapai tujuan dan manfaat dari negosiasi tersebut. Berikut adalah 7 unsur yang terkandung dalam teks negosiasi:

  • Orientasi : Merupakan kalimat pembuka yang seringkali dilakukan dengan mengucapkan salam sebagai langkah awal untuk memulai negosiasi.
  • Permintaan : Adalah setiap barang atau jasa yang dibutuhkan, ingin dibeli, digunakan oleh pihak lain.
  • Pemenuhan : Kemampuan dari penyedia barang atau jasa dalam memenuhi kebutuhan pembeli atas barang atau jasa.
  • Penawaran : Saat dimana penyedia barang atau jasa dan pembeli atau pengguna jasa melakukan tawar menawar.
  • Persetujuan : Terjadinya kesepakatan antara kedua pihak atas dasar penawaran yang telah dilakukan.
  • Pembelian : Proses terakhir daripada persetujuan berupa pembayaran atau pembelian sesuai dengan hasil negosiasi terhadap barang atau jasa yang disediakan.
  • Penutup : Mengakhiri setiap perbincangan dalam bentuk negosiasi tersebut dengan salam atau ucapan terima kasih.

 


Dalam hal bisnis, negosiasi juga sangat bermanfaat dalam menambah jaringan, memperluas jangkauan kerja, menggapai pasar yang lebih besar.

Berikut adalah contoh teks negosiasi :

Contoh Teks Negosiasi

Jual beli Online

contoh teks negosiasi #1

Pembeli : Assalamu’alaykum Daeng, jual panahan yah?

Pelapak : Wa’alaykumussalam , dengan Salman Archery, ada yang bisa kami bantu?

Pembeli : Iya Daeng, mau beli panahannya nih, ada apa aja?

Pelapak : Ada beberapa tipe, Tipe ( 1 )Horsebow fiber, ( 2 )Recurve riser 30, 40 dan 50 , ( 3 )Panahan anak berbahan PVC 1″, 3/4″, 1/2″ (untuk anak / PAUD. Kalau boleh tau ini dengan bapak/ ibu siapa, dimana?

Pembeli : Saya Hanif dari depok, iya pak, gini saya tertarik buat bikin bisnis panahan di rumah saya, kebetulan punya ruko juga, kira-kira yang bagus panahannya buat pemula yang mana yah pak?

Pelapak : Alhamdulillah, kebetulan sekali panahan yang kami produksi memang khusus untuk pemula pak hanif, jadi pas sekali kalau bapak mau buat bisnis terutama untuk pelatihan memanah.

Pembeli : Harganya kisaran berapa pak? saya pengen nyoba beli semua tipe biar banyak pilihan nanti kalau bisnisnya jalan. per tipenya berapa?

Pelapak : Untuk harga, di website kami jual panahan murah sudah tertera, tapi khusus untuk bapak yang sepertinya akan beli banyak, saya kasih penawaran khusus. Untuk pembelian 6 pcs tipe 1 senilai 300 ribu per pcsnya dari 400 ribu, tipe 2 senilai 200,250,320 per pcsnya dari harga awal 250/280/380, dan tipe 3, untuk pembelian 6 pcs PVC 1″ 180  ke 155 ribu per pcs , PVC 3/4″ 170 ke 150 ribu per pcs, PVC 1/2″ 165 ke 140 ribu per pcs.

Pembeli : Wah murah juga yah, kalau begitu saya pesan perlusin aja, biar langsung bisa jalan bisnisnya, saya beli banyak kan yah, kasih bonus boleh tidak pak?

Pelapak : Insya Allah, nanti per pcs setiap busur kami kasih bonus 2 anak panah berbahan bambu gombon, dan 1 prinan sasaran, biar langsung bisa jalan, dan memudahkan orang-orang untuk menjalankan sunnah.

Pembeli : Alhamdulillah, siap pak, sebelumnya boleh lihat barangnya? biar lebih mantap gitu pak biar akadnya sah sesuai dengan barang,

Pelapak : berikut gambarnya pak,

jual panah
jual panahan murah
jual panahan murah
jual panahan murah
jual panahan murah
jual panahan murah

jual panahan murah
jual panahan murah

Pembeli : siaplah pak, fix, saya beli semua tipe, berapa totalnya pak?

Pelapak : Iya pak, jadi total keseluruhan 4.350.000 + 500.000 jadi 4.850.000 , kirim ke rek. 0718920570 a.n miftahul haq syawal

Pembeli : oke pak, sudah saya kirim yah, semoga cepat diproses dan cepat sampai.

Pelapak : Aamiin Allahumma Aamiin, semoga berkah dan bisa istiqomah dalam sunnah.

Pembeli : Aamiin Allahumma Aamiin, makasih banyak pak , wassalamu’alaykum

Pelapak : Wa’alaykumussalam warohmatullahi wabarokatuh 🙂

Contoh Negosiasi Dalam Bisnis

Contoh teks negosiasi #2

Pak Adul : Assalamu’alaykum kang edo, gimana kabarnya?

Kang Edo : Wa’alaykumussalam pak adul, Alhamdulillah sehat, bapak sendiri bagaimana keadaannya, ada yang bisa saya bantu kah ?

Pak Adul : Alhamdulillah saya juga sehat, iya nih pak, kemarin saya liat postingan bapak tentang jual sapi itu, kebetulan saya punya sapi juga, cuman sayanya lagi sibuk ngurusin yang lain, kira-kira bapak bisa beli atau gimana?

Kang Edo : Oh iya pak, Alhamdulillah lagi jual sapi juga sayanya, kalau buat belinya mungkin belum bisa pak adul, tapi kalau buat bantu jualin sapinya Insya Allah bisa,

Pak Adul : Wah, Alhamdulillah, boleh lah pak, gratis atau bagaimana kang edo?

Kang Edo : Yah adalah pak pembagian hasilnya, hehe ,  kira-kira kalau saya ngambil 30% dari hasil penjualan sapinya, gimana pak adul ?

Pak Adul : Hmmm…. , kebesaran segitu pak, hehe kalau mau 10% aja gimana?

Kang Edo : gimana kalau dibagi setengahnya jadi 15% pak, biar sama2 enak, soalnya saya juga butuh buat biaya pelayanan dan konfirmasi. Gimana kira-kira pak adul?

Pak Adul : Hmm, okelah pak, Deal lah, kira-kira sapinya butuh saya bawa ke lokasinya kang adul atau di sini aja?

Kang Edo : Alhamdulillah, nggak papa pak adul, di situ saja, nanti bapak tinggal kirim detail sapinya aja, sekalian nanti saya survey dulu ke lapangan biar tahu kondisi sapinya.

Pak Adul : oke pak, nanti kita janjian aja, hari senin jam 8.00 saya kirimin alamatnya via whats app yah Kang Edo.

Kang Edo : Oke siap pak, Insya Allah amanah

Pak Adul : Makasih banyak sebelumnya kang edo, maaf merepotkan wassalamu’alaykum

Kang Edo : Iya nggak papa pak, saya juga terbantu kok, makasih banyak, wa’laykumussalam.


Oke, itulah tadi beberapa contoh teks negosiasi yang pada dasarnya sering dilakukan para pedagang dalam menggait pembeli baik secara online atau offline. Bagaimana memberikan penawaran barang dan jasa dengan cara yang mudah tetapi menggugah selera para pembeli.

Bukan hanya memberikan informasi mengenai manfaat dari barang atau jasa yang kita dimiliki, tetapi bagaimana memasukkan nilai tambah dan desire ke dalam produk tersebut.

Dimana hal ini akan menjadi sebuah teknik yang luar biasa apabila diaplikasikan dalam setiap negosiasi bisnis ataupun sebuah kerjasama dalam setiap sektor bisnis.

Penutup

Demikianlah sedikit paparan mengenai negosiasi dalam hal ini ditampilkan teks negosiasi. Semoga setiap tulisan di atas dapat bermanfaat bagi kalian semua termasuk diri saya pribadi. Saya berharap dengan tulisan ini dapat memotivasi, menginspirasi, dan memberikan pandangan baru terhadap teman-teman sekalian dalam kehidupan

Jangan lupa untuk komen di bawah untuk mendapatkan lebih contoh teks negosiasi yang ampuh untuk menggait pembeli dengan berbagai macam karakter orang.

Terakhir dari saya untuk sesi kali ini

Tidak ada hal yang lebih indah dari menikmati proses kegagalan dari setiap percobaan, karena dari sana setiap halnya akan membawa manfaat sekarang atau nanti. -cobalagiaja.com

Terima kasih telah berkunjung 🙂

Jangan lupa untuk terus mengunjungi situs cobalagiaja.com agar hari-harimu tambah produktif, kreatif dan inovatif, dan jangan lupa untuk tekan tombol share social media di bawah yah, agar teman-teman kamu yang dapat merasakan manfaatnya juga. 

Wassalamu’alaykum warohmatullahi wabarokatuh

One thought on “Teks Negosiasi dan Contoh Teks Negosiasi yang Ampuh Menghipnotis Pembeli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: