Pengenalan Hubungan Internasional Referensi [Terlengkap]

Pengenalan Hubungan Internasional Referensi [Terlengkap]

Hubungan Internasional. (HI) juga seringkali disebut dengan Studi Internasional (SI), akan tetapi keduanya merupakan 2 hal yang berbeda. Kita ketahui bahwa setiap kebijakan yang ada diantara negara-negara baik itu berupa perdagangan, hukum internasional, hak-hak bangsa dan negara.
Termasuk di antaranya organisasi-organisasi yang berperan penting dalam membentuk Hubungan Internasional baik Organisasi International Antar pemerintah (IGO) maupun organisasi non pemerintah (INGO). Selain organisasi
nasional tersebut juga adalah organisasi pemerintah maupun nonpemerintah.
Dalam kiprahnya HI sendiri dikenal sebagai salah satu bidang akademik dan kebijakan publik yang memiliki sifat normatif atau positif. Dengan kedua sifat ini HI mencoba menganalisis serta merumuskan kebijakan-kebijakan luar negeri pada negara-negara tertentu.
Dalam perkuliahan sendiri ada jurusan khusus yang membahas mengenai HI secara mendalam. Progam studi ini menjadikan ilmu mengenai interaksi komunikasi dan relasi yang terbagun dan terikat secara internasional sebagai penengah/penghubung.
Pada dasarnya studi mengenai ini tidak hanya mengenai hubungan diplomasi yang dibangun antara suatu negara dengan negara lainnya. Ini juga mempelajari beberapa hal seperti konflik, ekonomi, kesejahteraan dan perdamaian dunia. Beberapa kajian ilmu yang dipelajari dibidang ini sebagai berikut
  • Negosiasi
  • Diplomasi
  • Politik Internasional
  • Ekonomi Internasional
  • Hukum
  • Globalisasi
  • dan segala sektor kemasyarakatan yang mengikat 2 negara atau lebih

Dalam mendalami ilmu ini, para pelajar mahasiswa akan diajak untuk memahami berbagai macam isu-isu global, organisasi internasional, tokoh-tokoh dan kerjasama dua negara atau lebih. Selain itu memperhatikan dan menganalisis dinamika kawasan setiap negara di dunia.

Dikatakan bahwa studi ini termasuk studi yang prestisius, bagaimana tidak setiap hal mengenai kehidupan berbangsa dibahas secara mendalam. Memahami ini dengan baik akan menjadikan anda seorang yang bisa dikatakan hebat dan mengesankan.

Selanjutnya kita akan lebih masuk lagi kedalam materi ini, mengenai seberapa penting HI, fungsi, pengertian menurut para ahli, tujuan, dan banyak lagi simak penjelasan berikut.

Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli

hubungan internasional menjalin relasi antar negara

Secara garis besar pengertian HI telah kita jabarkan di awal, secara khususnya dinyatakan oleh para ahli dengan pandangannya masing-masing. Berikut penjelasannya :

Coulumbis dan Wolfe

HI ialah studi yang secara sistematis membahas mengenai fenomena atau gejala yang dapat diamati dan mendapatkan variabel dasar yang bertujuan untuk menjelaskan perilaku. Selain itu juga mengungkap berbagai macam tipe dan karakteristik dari setiap hubungan antara unit-unit sosial.

Mochtar Mas’oed

Menurut beliau ini merupakan hubungan yang bersifat kompleks yang didalamnya  terlibat bangsa-bangsa yang memiliki kedaulatan. Hal ini akhirnya membutuhkan mekanisme yang lebih rumit untuk mengatur hubungan antar kelompok.

Tulus Warsito

HI adalah studi mengenai interaksi atau hubungan antara anggota masyarakat, daerah, pelosok atau bangsa baik pemerintah maupun non pemerintah.

John Lierz

menurutnya ini adalah sebuah pemikiran yang didalamnya memasukkan pertimbangan implikasi kehidupan berpolitik. Utamanya perubahan unit politik yang mencakup faktor keamanan, kekuasaan yang bersifat inheren di kehidupan sosial manusia.

Tujuan Hubungan Internasional

Secara umum bahwa tujuan adanya hubungan antar negara yakni untuk mendapatkan keuntungan dari kedua sisi dalam berbagai hal atau bahkan untuk menjalin ikatan kekeluargaan semata.

Adapun hasil dari terbentuknya kerjasama atau ikatan itu sendiri memiliki tujuan diantara lain :

Memacu Pertumbuhan Ekonomi Setiap Negara

Beberapa hal yang menjadi nilai tambah atas terbentuknya realasi antar negara adalah untuk memacu pertumbuhan ekonomi.

Mengapa demikian? Sebab dengan adanya hal tersebut akan ada sebuah situasi dimana pemenuhan kebutuhan diisi oleh negara lain yang memiliki sumber daya yang mencukupi. Hasilnya adalah perdangangan antar dua negara yang menjadikan ekonomi keduanya dapat bertumbuh sesuai dengan effort yang dikeluarkan.

Dalam hal ini masuk kebutuhan sandang, pangan, papan, dan sumber daya manusia seperti para TKI di negara yang bersangkutan mendapatkan kemudahan.

Menciptakan Kedamaian Antar Bangsa

Diharapkan dengan diadakannya kegiatan yang melibatkan relasi antar negara dapat menciptakan kedamaian bagi kedua belah pihak. Dengan menetapkan kebijakan-kebijakan yang saling menguntungkan satu sama lain.

Termasuk di dalamnya perlindungan terhadap negara-negara yang ikut serta dalam PBB (Persatuan Bangsa-bangsa). Menciptakan rasa damai pada setiap negara yang masuk dalam keanggotaan PBB sudah menjadi tujuan dari terciptanya  tersebut.

Dengan menanamkan rasa saling pengertian antar bangsa dan membina perdamaian dan menegakkannya.

Hal ini berkaitan dengan hukum perdata dan hukum pidana yang berlaku pada suatu negara dan dengan adanya kerjasama tersebut maka aturan memungkinkan untuk berlaku di negara lain.

Untuk Membangun Relasi

Afiliasi dilaksanakan atas dasar untuk saling mengenal baik dari kelebihan, kekurangan, mendukung negara yang bersangkutan. Bukan untuk menjatuhkan tetapi lebih kepada edukasi yang membangun kedua negara agar lebih baik kedepannya.

Termasuk dalam mempelajari berbagai polemik yang dialami di berbagai negara adalah tujuan dari dilaksanakannya hal tersebut.

Manfaat Hubungan Internasional

hubungan internasional sebagai bentuk kerjasama dunia

Dengan adanya afiliasi yang terjalin antara negara yang satu dan lainnya, maka akan memberikan manfaat sebagai berikut :

Manfaat Ideologi

hubungan internasional sebagai pendongkrak ideologi

Ketika aliansi terbentuk maka akan ada keuntungan yang diterima kedua pihak, salah satunya adalah penguatan ideologi suatu bangsa dan negara. Sebagaimana kita ketahui bahwa ideologi bangsa merupakan pondasi dari suatu negara.

Apabila hal tersebut rusak maka akan rusak dan terancam kehidupan bangsa tersebut. Oleh karenanya selain dari ideologi itu tertanam ke dalam hati dan pikiran seluruh rakyat, juga harus didukung oleh pengakuan bangsa-bangsa demi memperkuat

Manfaat Politik

Kebijakan politik yang berlaku di dalam sebuah negara juga dapat berlaku secara internasional dengan adanya kerjasama luar negeri. Hal ini dapat menunjang terlaksananya kebijakan politik serta diplomasi luar negeri untuk kepentingan nasional.

Dalam hal ini juga berlaku dalam menunjang pembangunan dalam segala bidang, baik infrastruktur, pendidikan, ekonomi dan lain-lain.

Manfaat dari Segi Ekonomi

hubungan internasional manfaat ekonomi

Adanya hubungan diplomatis dengan negara lain yang dapat memacu ekonomi nasional sebagai salah satu upaya pembangunan serta peningkatan ekonomi nasional;

Manfaat dari Segi Sosial Budaya

hubungan internasional memberi dampak pada sosial budaya

Selain daripada kebermanfaatannya dalam segi ekonomi, hal ini juga berperan pentingan dalam pengembangan serta pembinaan nilai-nilai sosial dan budaya suatu bangsa.
Dengan adanya kerjasama antar bangsa ini adalaha salah satu upaya dalam menanggulangi krisis identitas suatu bangsa sebagai salah satu tantangan, bentuk ancaman, maupun kejahatan internasional yang turut andil dalam pembangunan nasional.

Manfaat Kemanusiaan

hubungan internasional membawa manfaat kemanusiaan

Manfaat kemanusiaan, yakni untuk menunjang upaya pencegahan danpenanggulangan setiap bentuk bencana serta rehabilitasi akibat-akibatnya;
Manfaat lainnya, yakni untuk meningkatkan peranan dan citra Indonesia diforum internasional dan hubungan antar negara serta kepercayaanmasyarakat internasional.”
Secara garis besar Hubungan Internasional mencakup perihal peranan dan sebagai sarana

Sebagaimana manfaat serta tujuan kerjasama internasional yang telah dipaparkan di atas, peranannya pun mencakup berbagai aspek dunia internasional.

Aturan mengenai organisasi nasional maupun internasional, menjaga perdamaian dunia, sebagai pedoman bagi hubungan antar bangsa, sebagai landasan hukum hubungan diplomatik antar negara.

selain memiliki peranan tersebut, hubungan internasional itu sendiri menjadi sebuah sarana bagi negara dalam hal sebagai berikut

  1. Negosiasi
  2. Lobby
  3. Diplomasi
  4. Propaganda
  5. Ekonomi
  6. Kekuatan militer dan perang
  7. dan lainnya.

Selengkapnya akan dijabarkan satu persatu pada pembahasan selanjutnya.

Universitas dengan Jurusan Hubungan Internasional

Beberapa universitas di Indonesia menyediakan studi mengenai Hubungan internasional secara terperinci dan berbagai metode pembelajaran yang akan memudahkan bagi para mahasiswanya.

Berikut ini 10 Universitas yang membuka jurusan hubungan internasional :

  • Ilmu Hubungan Internasional Universitas Airlangga-Unair, Surabaya A/2011-ban-pt
  • Ilmu Hubungan Internasional Universitas Gadjah Mada-UGM, Yogyakarta A/2014-ban-pt
  • Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia-UI, Jakarta A/2014-ban-pt
  • Ilmu Hubungan Internasional Universitas Jember-Unej A/2013-ban-pt
  • Ilmu Hubungan Internasional Universitas Padjadjaran-Unpad, Bandung A/2011-ban-pt
  • Ilmu Hubungan Internasional Universitas Riau-Unri, Pekanbaru A/2013-ban-pt
  • Ilmu Hubungan Internasional UIN Syarif Hidayatullah Jakarta A/2011-ban-pt
  • Ilmu Hubungan Internasional Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik-IISIP Jakarta A/2013-ban-pt
  • Ilmu Hubungan Internasional Universitas Jenderal Achmad Yani, Cimahi A/2013-ban-pt
  • Ilmu Hubungan Internasional Universitas Katolik Parahyangan, Bandung A/2014-ban-pt
  • Ilmu Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Malang A/2013-ban-pt
  • Ilmu Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta A/2014-ban-pt
  • Ilmu Hubungan Internasional Universitas Pasundan, Bandung A/2010-ban-pt

Penutup

Dengan memahami hubungan internasional secara umum dan menelaah setiap pendapat dari ahli mengenai ilmu tersebut diharapkan dapat membuka sedikit pemahaman kalian sebelum berlanjut pada pembahasan yang lebih mendalam.

Jangan Lupa kunjungi terus situs ini agar hari-harimu lebih produktif, kreatif, dan inovatif.

2 thoughts on “Pengenalan Hubungan Internasional Referensi [Terlengkap]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: