fbpx
√PENIKMAT KOPI ! KALIAN HARUS TAU MANFAAT KOPI YANG PERLU KAMU KETAHUI

√PENIKMAT KOPI ! KALIAN HARUS TAU MANFAAT KOPI YANG PERLU KAMU KETAHUI

Manfaat Kopi – Berbicara tentang kopi, minuman sejuta ummat, rasanya yang pahit tapi membuat orang rindu, pahit tapi disukai banyak orang.
Warna hitam pekat dengan rasa yang bervariasi bergantung pada jenis kopi yang diolah. Proses yang panjang dari hanya biji kopi kecil yang diekstraksi sehingga menjadi bubuk kopi berkualitas.
Rasanya yang unik menjadikannya istimewa, dan tidak jarang banyak orang yang menjadikannya minuman wajib di pagi hari.
Bersama dengan rasanya tercipta sebuah filosofi yang tertuang dalam secangkir kopi. Beda jenis kopinya, beda cara pengolahannya, beda pula filosofi yang tercipta.
Terlebih lagi beberapa tahun belakangan ini tercipta sebuah karya istimewa yang menceritakan tentang kopi.
Berawal dari sebuah dari kecintaan terhadap cita rasa, inspirasi dalam setiap tegukan, sehingga menjadikannya sebuah hobi yang unik.
Ben dan jodi : filosofi kopi, itulah judul film yang akhir-akhir ini menginspirasi banyak insan di bumi nusantara. Lewat cita rasa menghasilkan maha karya yang luar biasa.
Kopi yang telah dikenal sejak dulu kala sebagai minuman yang mengawali pagi yang sejuk diteras rumah, kini menjadi teman hangat disetiap waktu.
Setelah debut film tersebut, bertebaranlah para pemimpi mencari inspirasi untuk secangkir kopi yang akan dihidangkan bersama alunan puisi.
Dari sini berkembanglah bisnis rumah kopi yang menjadi tempat berkumpulnya para pemuda pemudi, kritikus dan seniman, serta kalangan lain yang butuh akan kebersamaan.
Tapi dari sini semua akan berubah, setelah kamu mengetahui bahwa itu bukan hanya secangkir kopi, melainkan secangkir kebaikan yang kau minum tiap hari.
Ada banyak hal yang perlu kamu ketahui sebagai penikmat kopi, bukan hanya rasanya saja, tetapi juga manfaat yang akan kamu dapatkan setelah meminumnya.
Salah satu kebaikan atau manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi kopi secara teratur ialah kesehatab tubuh.
Bagi penderita kanker, kopi adalah salah satu daftar minuman yang baik untuk dikonsumsi.
Sebelum itu, ketahui terlebih dahulu tentang kandungan kopi.
Bagaimana bisa mencinta kalau belum mengenal dia

Kandungan Nutrisi pada Kopi

Kandungan nutrisi pada kopi yang perlu kalian ketahui untuk menambah wawasan, apalagi untuk kalian yang berniat untuk memulai bisnis di bidang ini.

Berikut adalah nutrisi yang terkandung dalam secangkir kopi untuk mencukupi asupan gizi kamu :

  • Vitamin B2 (Riboflavin) : 11% dari Angka Kecukupan Gizi.
  • Vitamin B5 (Asam pentotenat) : 6% dari AKG.
  • Kalium dan Mangan : 3% dari AKG.
  • Vitamin B3 (Niacin dan Magnesium) : 2% dari AKG.

Itulah beberapa nutrisi yang terkandung dalam kopi yang sering kamu konsumsi tiap hari.

Manfaat Kopi bagi Kesehatan

Dari secangkir kopi menjadi seribu kebaikan dalam setiap tegukan. Itulah kopi, manfaat yang Insya Allah akan kamu dapatkan ketika mengkonsumsi kopi secara teratur dan tidak berlebihan.

Mengkonsumsi kopi memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan tubuhmu, diantara lain :

1. Manfaat Kopi untuk Meningkatkan Stamina

Apakah kamu sering merasakan kantuk di pagi hari walaupun tidur dalam waktu yang lama? Atau apakah kamu menjadi merasakan kantuk dan tidak memiliki stamina?.

Perlu kamu ketahui bahwa salah satu penyebabnya adalah adenosin dalam tubuh. Zat adenosin itu sendiri bekerja sebagai sel yang menyebabkan rasa kantuk pada otak.

Hal inilah yang harus kamu atasi untuk menghilangkan kantuk tersebut. Kopi dengan kandungan kafeinnya bekerja langsung dalam memperlambat kinerja adenosin.

Sehingga kopi menjadi salah satu alternatif untuk menghilangkan kantuk dan menjadikan tubuh segar kembali.

2. Manfaat Kopi dalam Melindungi Tubuh dari Penyakit Kanker

Selain kafein dalam kopi, adapun antioksidan yang juga terkandung dalam kopi yang mampu menurunkan resiko tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

Selain mengkonsumsi wortel dan timun, kopi juga bisa menjadi alternatif untuk kamu agar terhindar dari kanker.

Sebuah penelitian dari jepang terhadap perempuan yang mengkonsumsi kopi sebanyak 2 kali sehari, menurunkan resiko terserang kanker usus sebesar 25%.

3. Manfaat Kopi yang Menjaga Mulut Agar Tetap Sehat

Kopi dengan anti bakterinya, menjadi salah satu solusi untuk menjaga kebersihan dan kesehatan mulu.

Dengan zat yang terkandung didalamnya, kopi dapat berfungsi untuk membersihkan mulut dari bakteri jahat sehingga tidak menyebakan penyakit.

Beberapa penyakit yang bisa dihindari dengan minum kopi ialah infeksi gusi, plak, gigi berlubang serta bau mulut.

4. Manfaat Kopi Menurunkan Resiko Terkena Diabetes

Zat asam klorogenat pada kopi membantu dalam meningkatkan pembentukan hormon insulin dalam tubuh.

Hal ini menjadikan penyerapan gula dalam tubuh menjadi terhambat. Penelitian oleh para ahli membuktikan bahwa resiko terserang penyakit diabetes turun sebanyak 50% dengan mengkonsumsi kopi.

5. Manfaat Kopi Menurunkan Resiko Terjangkit Penyakit Demensia dan Alzheimer

Alzheimer adalah salah satu pernyakit yang menyerang memori seseorang, biasanya pernyakit ini diderita oleh usia lanjut sekitar 65 tahun ke atas, tapi tidak menutup kemungkinan juga bisa terkena pada anak kecil.

Kopi telah teruji dalam membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang dalam hal ini berpengaruh juga pada sistem saraf. Itulah mengapa kopi bisa menurunkan tingkat resiko terkena penyakit alzheimer dan demensia.

6. Manfaat Kopi untuk Melindungi dan Mencegah Penyakit Parkinson

Lain halnya dengan alzherimer, parkinson adalah penyakit yang telah populer dikalangan masyarakat, gejalanya yang menjadikan tubuh seseorang gemetaran dan tidak bisa mengontrol kinerja organ tubuh dengan baik.

Penyebab dari penyakit ini ialah adanya degradarsi fungsi pada sistem saraf di tubuh manusia. Solusinya sama, mengkonsumsi kopi secara teratur dan rutin bisa membantu dalam melindungi tubuh dari penyakit parkinson.

7. Manfaat Kopi yang Mampu Meningkatkan Mood

Kopi seperti yang  kamu ketahui mampu membantumu dalam meningkatkan mood serta membantu dalam mendapatkan inspirasi. Banyak orang yang secara tidak sadar mendapatkan efek dari meminum kopi, salah satu efeknya orang tersebut akan lebih bergairah dan ceria dalam melakukan sesuatu.

Minuman yang menjadi favorit banyak orang memiliki efek yang punya korelasi pada kebahagiaan.

Manfaat Kopi Bagi Kecantikan

Selain bagus bagi kesehatan ternyata kopi juga bisa kamu manfaatkan untuk menjaga kamu tetap cantik. Beberapa tempat perawatan kulit menggunakan kopi sebagai instrumen untuk menjaga kulit dan tubuh agar tetap indah dan cantik.

Adapun manfaat lain dari kopi sebagai berikut :

8. Manfaat Kopi Sebagai Masker Wajah

Jika kamu belum tahu , kopi ternyata bisa kamu gunakan sebagai masker yang berfungsi baik dan efektif pada kulit. Terutama bagi wajah, dengan menggunakan kopi sebagai masker beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan, diantara lain, kulit menjadi kencang, sel-sel kulit mati terangka.

Selain menjadikan kulit menjadi kencang dan halus, kopi yang digunakan sebagai krim bisa menjadi anti bakteri bagi kulit kamu serta membersihkan wajah dari kotoran yang menempel pada kulit.

9. Manfaat Kopi dalam Merawat Kulit Kepala

Berdasarkan penelitian terhadap senyawa kafein pada kopi, dihasilkan sebuah kesimpulan bahwa kopi bisa menjadi obat yang manjur untuk mengatasi kerontokan rambut. Selain itu antioksidan pada kopi juga memiliki peran aktif untuk ikut serta menjaga kulit kepala agar tetap sehat.

10. Manfaat Kopi yang Menjadikan Kulit Tubuh Lebih Segar

Selain bisa digunakan sebagai masker wajah, kopi juga sangat baik untuk kulit tubuh, selain memiliki zat antibakteri, kopi juga bisa mengencangkan kulit, serta membuatnya lebih halus. Kopi memang sangat bermanfaat bagi kulit, apalagi secara efektif bisa mengangkat kulit-kulit mati dan menjadikan kulit tampak lebih sehat dan bercahaya.

Selain kopi kamu juga bisa tetap mengkonsumsi minuman lain yang juga sama manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan seperti jus wortel, sirsak, timun, dan banyak lagi yang lainnya.

Jika memungkinkan untuk membuat scrub sendiri dengan kopi, itu hal yang bagus, tetapi jika belum bisa belilah scrub yang berbahan baku kopi di dalamnya.

11. Manfaat Kopi yang Bagus untuk Medicure dan Pedicure

Kopi bagus untuk kulit, benar adanya. Hal lain yang menjadikan kopi diminati dalam menjaga kecantikan kulit adalah karena zat Aromaterapik pada bubuk kopi. Ini dapat membantu membersihkan tumit kaki yang retak dan siku hitam.

Selain daripada itu kopi bisa terbukti efektif dalam meremajakan serta melindungi kulitmu dari penuaan dini.

12. Manfaat Ampas Kopi untuk Mengencangkan Kulit Wajah

Ampas kopi, yang biasanya hanya dibuang setelah menikmati kopi, ternyata sangat bermanfaat. Pasalnya ampas kopi tersebut juga masih bisa digunakan terlebih untuk masalah menjaga kecantikan kulit. Mengencangkan kulit wajah, begitulah ampas kopi bekerja, cukup dengan membuat masker dari ampas dan jadi.

  1. Dengan meminum kopi, kamu bisa menghilangkan depresi dan stres yang sedang dirasakan.
  2. Kopi menjadi salah satu partner terbaik saat bekerja ataupun bersantai
  3. Mengonsumsi kopi menambah kehangatan serta persaan santai di hari libur
  4. Selain itu kopi mampu mengatasi sesak nafas Kopi dapat digunakan untuk mengobati sesak nafas
  5. Aroma pada kopi bisa memberikan ketenangan
  6. Kopi memberikan energi yang lebih serta menjaga diri ketika lembur bekerja
  7. Kopi bisa meningkatkan fokus serta kewaspadaan pada diri

Selain manfaat di atas, tentu kopi juga harus di konsumsi dengan wajar MAKSIMAL 2 GELAS 1 HARI Agar khasiat nya dapat dirasakan secara maksimal karena kopi juga memiliki efek samping yang cukup berbahaya.

Efek Samping Kopi

Adapun efek samping dari meminum kopi, atau bisa kita sebut kekurangan sekaligus kelebihan dari kopi adalah sebagai berikut :

  1. Jika kamu mengkonsumsi kopi yang mengandung banyak kafein, itu akan memberikan efek susah tidur.
  2. Selain itu meminum kopi terlalu banyak juga bisa meningkatkan kuantitas detak jantung lebih kencang daripada sebelumnya.
  3. Kopi tidak boleh diminum sehabis melakukan olahraga karena akan berbahaya bagi tubuh.
  4. Tidak cocok untuk diminum secara berlebihan, baik untuk ibu hamil maupun yang lainnya.
  5. Memiliki efek yang berbahaya bagi penderita mag atau punya asam lambung yang tinggi
  6. Kopi dilarang dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi
  7. Selain itu kopi tidak disarankan untuk penderita radang usus
  8. Kopi yang terlalu panas bisa menyebabkan sakit tengorokan dan sariawan / panas dalam.

Tips Konsumsi Kopi

Berikut adalah tips dalam mengkonsumsi kopi

  • Minum maksimal 2 gelas 1 hari
  • Hindari minum di malam hari, usahakan tidak lebih dari jam 4 sore
  • Jangan konsumsi kopi bersamaan dengan durian
  • Jangan konsumsi kopi dengan gula berlebih
  • Usahakan kopi di minum < 3 jam setelah di buat.

Itulah tadi beberapa manfaat serta tips dalam mengkonsumsi kopi untuk menjaga kesehatan tubuh serta menjadi perawatan untuk kecantikan. Semoga apa yang telah kamu baca bisa bermanfaat dan dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG 🙂

Jangan lupa untuk terus kunjungi situs ini agar hari-harimu lebih berwarna, produktif, kreatif dan inovatif.

Cobalagiaja.com – Reach Your Best

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: