√17 MANFAT TIMUN YANG SELAMA INI KAMU DAPATKAN

√17 MANFAT TIMUN YANG SELAMA INI KAMU DAPATKAN

Manfaat Timun – Siapa sih yang nggak pernah makan timun, sayuran yang setiap harinya tersedia di berbagai warung, dijadikan sebagai lalapan.
Selain dari itu biasanya digunakan untuk mengobati lebam pada mata atau mata panda akibat kebanyakan begadang.
Sayuran yang satu ini sangat mudah untuk ditemukan terutama di pedasaan bahkan sampai di kota.
Kalau kamu tau manfaat dari sayuran yang satu ini, aku yakin kamu tidak akan pernah melewatkan timun satupun saat makan lalapan.
Biasanya timun dihidangkan bersama pecel lele atau makanan yang digoreng dan dibakar, seperti ayam bakar, bebek bakar, atau ikan bakar.

Ternyata ketimun itu sendiri punya banyak manfaat sama seperti buah sirsak.

Mau tahu? ini dia manfaat timun buat kesehatan dan kecantikan kamu.

KANDUNGAN GIZI MENTIMUN

kandungan timun
pic by pixabay

Ketimun atau singkatnya timun, masih satu rumpun dengan tanaman seperti semangka dan labu (Cucurbitaceae).

Timun sendiri memiliki kandungan air pada mentimun itu sendiri sama halnya dengan buah semangka, kurang lebih 95 persen terdiri dari air.

Artinya bahwa makan mentimun bisa menghindarkan kamu dari dehidrasi saat musim panas.

Di Indonesia mentimun sangatlah banyak, dan sering anda dapati di tempat makan seperti sari laut atau makanan yang digoreng atau dibakar.

Cara mengkonsumsi timun itu sendiri tidak perlu dimasak, orang indonesia lebih suka langsung menyantapnya, simpelnya hanya dicuci lalu dimakan mentah, alasannya karena lebih menyegarkan dan itu cara yang dilakukan turun temurun.

Makan mentimun punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh serta kecantikan bagi wanita atau ketampanan bagi pria. Siapa yang tidak mau dengan hal itu.

berikut kandungan gizi yang terkandung dalam mentimun :

KANDUNGAN GIZI DALAM TIMUN

Ternyata setelah diteliti, ketimun mengandung 95% air dengan rendah kalori, rendah lemak, kolesterol serta Sodium. Berdasarkan penelitian USDA National Database Gizi, dalam satu cangkir irisan timun beserta dengan kulitnya (119 gram timun) terkandung :

  • 16 Kalori (Rendah kalori)
  • 115 Gram Air
  • Protein 0,8 Gram
  • Lemak 0,2 Gram
  • Karbohidrat 2,9 Gram (Didalamnya serat 0,9 Gram, juga 1,8 gram gula)

Selain itu kandungan lain seperti Vitamin K 11%,  Vitamin C 4%, Magnesium, mangan, kalsium serta Vitamin A 2%, riboflavin, thiamin, B-6, asam folat, pantotenat, zat besi, fosfor, seng dan tembaga, dan zat lainnya mencukupi asupan zat-zat tersebut bagi tubuh kamu.

MANFAAT TIMUN BAGI KESEHATAN

Melihat banyak sekali kandungan gizi yang ada pada timun, kamu pasti penasaran apa manfaat dari unsur-unsur tersebut, berikut merupakan manfaat timun bagi kesehatan kamu :

1. Manfaat Timun Untuk Menjaga Fungsi Otak

Sejumlah zat bernama flavanol atau fisetin memiliki manfaat dalam membantu meningkatkan kerja memori serta melindungi sel-sel saraf dari ancaman penurunan fungsi otak, terutama bagi usia lanjut.

Berdasarkan penelitian dengan subjek seekor tikus, senyawa fisetin ini menunjukkan sebuah hasil dengan melindungi tikus secara progresif dari gangguan Alzheimer.

2. Manfaat Timun Sebagai Antioksidan

Di dalam mentimun ternyata punya banyak jenis antioksidan yang berfungsi dalam melindungi tubuh dari serangan penyakit.

Jenis-jenis Antioksidan yang terkandung dalam timun tersebut diantara lain :

  • Quercetin
  • Flavonoid
  • Apigenin
  • Luteolin
  • Kaempferol
  • Serta Beta-karoten dan vitamin C

Selain penyakit kecil, antioksidan juga berkontribusi dalam membantu menghambat dan melawan pertumbuhan kanker serta menurunkan tingkat resiko pada kanker kronis, termasuk sakit jantung. Antioksidan dapat membantu melawan pertumbuhan gejala kanker dan menurunkan resiko penyakit kronis termasuk penyakit jantung.

3. Manfaat Timun Untuk Mengatasi Dehidrasi

Timun dengan 95% kandungan air yang dimilikinya beserta zat-zat lain yang tercampur didalamnya memiliki efek yang lebih baik daripada air biasa.

Dengan mengkonsumsi ketimun kamu akan terhindar dari dehidrasi, mencampurkan ketimun dengan air juga bisa menjadi alternatif minuman sehat kamu. Selain itu air pada ketimun juga mampu menetralkan toksi yang ada dalam tubuh.

Ini sangat disarankan untuk kamu yang punya banyak aktivitas dan butuh banyak minum.

4. Manfaat Timun Untuk Kesehatan Jantung

Jika kamu mencari minuman yang menyehatkan, selain jus sirsak yang bermanfaat, jus timun juga bisa menjadi opsi untuk kamu yang ingin minuman yang menyehatkan dan menyegarkan.

Kandungan kalium dalam mentimun memiliki manfaat yang sama seperti buah lainnya yang juga mengandung kalium didalamnya seperti buah sirsak.

Selain itu jus mentimun sangat bagus dikonsumsi untuk orang yang menderita terkanan darah tinggi atau tekanan darah rendah.

Kalium dengan muatan positifnya memiliki perbedaan ketika berada di luar dan di dalam sel sekitar 30 kali lebih besar ketika berada di dalam sel-sel tubuh.

Dalam hal ini konsentrasi dari kalium itu sendiri harus dipertahankan guna menjaga kinerjanya dalam berinteraksi dengan sodium dalam untuk membantu mentransmisikan impuls kepada saraf, fungsi jantung, serta kontraksi pada otot.

5. Manfaat Timun Untuk Mengontrol Berat Badan

Karena timun ini memiliki kandungan kalori yang cukup rendah, hanya berjumlah 16 kalori, ini bagus bagi kamu yang sedang menjalani program diet.

Serat mentimun memilik tekstur mirip seperti gel dalam usus, hal ini membantu dalam memperlambat pencernaan makanan pada tubuh, sehingga ini perut kamu akan merasakan kenyang dalam waktu yang lebih lama. Itulah alasan mengapa makanan yang punya kadar serat yang tinggi mampu mengontrol pertambahan berat badan kamu dengan baik.

6. Manfaat Timun Untuk Kesehatan Gigi

Memakan timun dengan menguyah dapat mendorong produksi air liur yang lebih banyak pada mulut. Ini berfungsi untuk mengurangi kadar asam yang ada pada rongga mulut serta menghilangkan bakteri yang hidup dan tumbuh di dalamnya.

Selain itu penyakit gusi yang sering dialami seseorang seperti pyorrea akan secara efektif teratasi dengan mengkonsumsi mentimun secara teratur.

7. Manfaat Timun Untuk Kesehatan Pencernaan

Air dan serat pada mentimun merupakan 2 komposisi dasar yang sangat diperlukan dalam pencernaan manusia, karena membantu dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Kandungan air dan serat halus pada timun berfungsi baik dalam menghilangkan toksin yang tertinggal pada saluran pencernaan.

2 komposisi dasar yang paling diperlukan dan paling melimpah pada timun yakni air dan serat. Kandungan serat larut pada timun mampu mempelancar pergerakan makanan sehingga sistem pencernaan berjalan normal dan sehat.

8. Manfaat Timun Untuk Program Diet

Selain itu timun merupkana jenis sayuran yang punya kandungan kalori yang sedikit kurang lebih sekitar 16 kalori dalam setiap cangkir irisan mentimun.

Serat larut pada mentimun memiliki tekstur lembut seperti gel dalam usus kamu. Hal ini membantu memperlambat pencernaan makanan selain tadi memperlancar makanan untuk masuk ke dalam tubuh, mentimun memperlambat pencernaan makanan oleh tubuh.

Hal ini akan menjadikan kamu merasa kenyang dalam waktu yang lama. Mengkonsumsi timun sangat dianjurkan bagi kamu yang sedang melaksanakan program diet, bisa dimakan langsung, jus, ataupun minuman air mentimun.

9. Manfaat Timun Untuk Mengatasi Gejala Asam Urat Dan Rematik

Kandungan Vitamin A, B, Kalium, Magnesium, Folat, dalam mentimun dipercaya mampu mengatasi, menyembuhkan gejala dari penyakit asam urat dan rematik.

Selain timun, Kamu ternyata bisa mencampurkannya dengan wortel sebagai jus yang manfaatnya bisa mengurangi efek nyeri astritis serta mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

10. Manfaat Timun Untuk Kecantikan

Siapa sih wanita yang tidak ingin tampil cantik, apalagi di hadapan suami atau teman-teman. Timun bisa menjadi salah satu alternatif kamu dalam menjaga kecantikan wajah dan kulit kamu agar tetap natural dan terlihat awet muda.

Timun bisa kamu minum airnya, atau makan mentah timunnya, bisa juga dibuat menjadi jus agar terasa lebih nikmat.

11. Manfaat Timun Untuk Menghilangkan Lingkaran Hitam Pada Mata

Bagi kamu yang sering begadang, susah tidur atau mungkin disebabkan insomnia yang dampaknya menjadikan kulit sekitar mata kamu menjadi hitam, kamu harus coba gunakan timun.

Manfaat zat silika dalam timun mampu membantu meremajakan kulit sehingga menjadikan kulit lebih segar, lembab, dan tampak normal.

Caranya mudah, hanya dengan mengkompreskan potongan mentimun pada daerah sekitar mata yang terlihat menghitam.

12. Manfaat Timun Untuk Mengurangi Bintik Hitam

Manfaat timun yang lainnya, bisa menghilangkan bintik-bintik serta plak hitam akibat terkena paparan sinar matahari terlalu lama. Timun bisa digunakan sebagai tonik alami yang bagus untuk kesehatan.

Untuk mengurangi bintak hitam pada kulit hanya dengan mengoleskan parutan mentimun pada kulit kamu, terutama pada daerah sekitar leher dan wajah.

13. Manfaat Timun Untuk Mencegah Kulit Keriput

Kandungan air yang banyak dalam mentimun serta zat lain yang juga terkandung di dalamnya sangat bagus bagi kulit. Timun memberikan efek nyaman dan segar ketika digunakan, kamu bisa gunakan itu saat istirahat, sembari tidur atau berjemur, atau bersantai.

Air pada mentimun mampu membersihkan kotoran yang menempel pada kulit serta melembabkan kulit agar lebih kencang.

Penyebab lainnya adalah karena mentimun juga memliki banyak nutrisi yang sama seperti sayuran dan buah-buahan lain. Oleh karenanya dianjurkan untuk kamu sering mengkonsumsi timun secara rutin.

TIPS & TRIK MENGOLAH TIMUN

Dengan memilih timun yang berkualitas akan berdampak pada kualitas gizi yang dikandung timun. Anda bisa membeli timun di pasar atau swalayan dan lebih bagus lagi jika anda menanamnya sendiri sehingga terjaga kesegarannya.

Rasa dari timun yang segar dan sedikit manis ini cocok untuk dijadikan olahan seperti jus ataupun pelengkap sayur-sayuran dan lalapan.

Dalam hal ini air timun yang manfaatnya sudah diterangkan di atas bisa Anda buat dengan mudah dan berkhasiat jika dikonsumsi secara teratur. Ini bisa menjadi alternatif yang lebih bagus dibandingkan hanya sekedar air putih saja.

Beberapa tips dan trik untuk kamu yang ingin menikmati air mentimun, diantaranya:

TIPS & TRIK 1 : PILIHLAH TIMUN TERBAIK

manfaat air timun
via pexels.com

Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih timun,

  • Pastikan timun tidak terasa pahit atau terlalu lembek, caranya bisa dengan melihat warna dari timun. Pilihlah timun yang warnanya hijau cerah, tidak terlalu tua dan terlalu muda.
  • Kamu juga bisa memperhatikan apakah kulit dari timun itu kusam atau berkeringat, usahakan jangan memilih timun yang seperti itu, serta pilihlah timun yang tidak terlalu besar.
  • Karena semakin besar ukuran timun, semakin pahit juga rasanya, jangan lupa untuk menyimpannya di kulkas agar kesegarannya terjaga
  • Selain warna, tekstur, rasa, dan ukuran, anda juga bisa memperhatikan bentuk dari timun yang dipilih, carilah yang bentuknya proporsional.

TIPS & TRIK 2 : MEMBUAT AIR TIMUN YANG BERKUALITAS

Seperti yang tadi dijelaskan, jika Kamu membeli timun sebaiknya untuk mencucinya terlebih dahulu dan mengupas kulitnya. Tujuannya untuk menghindari kamu memakan zat kimia berbahaya seperti pestisida. Kecuali, kalau kamu yang menanam dan memetik sendiri timunnya, apalagi kamu sudah tahu timun yang kamu tanam tidak diberi pestisida.

Setiap bagian dari mentimun itu sendiri punya manfaat, jadi sangat disayangkan jika tidak mengkonsumsi semuanya.

Membuat air timun yang berkualitas berfokus pada kualitas timun dan airnya, jika timunnya sehat, bersih, berkualitas serta airnya jernih dan bebas bakteri, maka kamu akan mendapatkan kualitas air timun yang baik.

Cara membuatnya sederhana, cuci timunnya dengan bersih dan siapkan air dalam botol air minum kamu. Potonglah timun yang kamu sudah cuci tadi menjadi tipis-tipis, tujuannya agar nutrisi pada timun cepat tersalurkan kepada airnya.

Rendam timun tersebut dalam air dalam botol tadi dan biarkan semalam dalam kulkas agar semua nutrisinya mengkontaminasi air tadi.

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG 🙂

jangan lupa untuk terus kunjungi situs ini untuk hal-hal bermanfaat lainnya yang Insya Allah akan menjadikan hari-harimu lebih produktif, kreatif dan inovatif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: