√MANFAAT WORTEL TERBARU YANG BELUM KAMU TAHU

√MANFAAT WORTEL TERBARU YANG BELUM KAMU TAHU

Manfaat wortel – Siapa yang tidak kenal dengan sayuran yang satu ini, wortel, mudah ditemukan dipasaran dan sering disajikan dalam bentuk sop ataupun capcay.

Kamu mungkin sudah sering mendengar manfaat wortel bagi kesehatan mata.

Ternyata bukan hanya itu, wortel dengan kandungannya yang bergizi bisa menyembuhkan beberapa penyakit, serta membantu dalam menjaga kecantikan.

Siapa yang tidak mau sehat? siapa yang tidak mau cantik? semua orang pasti ingin hal seperti itu.

Jika kamu punya kebun wortel itu akan lebih mudah bagi kamu untuk mendapatkan wortel yang segar dan berkualitas.

Tentunya yang ditanam sendiri pasti akan diusahakan menjadi yang terbaik. Kalau kamu tidak sempat untuk menanam sendiri, maka carilah kebun wortel atau swalayan yang menjual wortel segar.

sebelum kita beranjak pada manfaat wortel yang baru ini ditemukan, setidaknya kamu perlu tahu dulu kandungan dari wortel.

Tak kenal maka tak sayang, bukan begitu?

KANDUNGAN GIZI WORTEL

kandungan gizi wortel
pic by https://id.pinterest.com/LLLCare/superfoods

Ini dia beberapa nutrisi dan gizi yang paling banyak terkandung dalam wortel diantaranya :

  •  Vitamin A

    Siapa yang belum tau manfaat vitamin A, selain untuk menjaga mata agar tetap sehat, juga bisa membantu dalam sistem kekebalan tubuh.

  • Karbohidrat

    Karbohidrat dalam wortel punya indeks glikemik yang rendah, itu berarti bahwa kandungan gula pada wortel tidak akan meningkatan kadar gula darah jika dikonsumsi secara normal.

  • Serat

    Serat pektin, inilah serat yang dimiliki wortel. selain itu ada selulosa, hemiselulosa, lignin yang berfungsi membantu menurunkan tingkat kadar gula dalam darah dengan cara memperlambat proses pencernaan pati dan gula.

    Dan hebatnya lagi, serat ini menjadi makanan bagi bakteri baik dalam tubuh yang akan membantu dalam pencernaan.

Selain yang disebutkan di atas, ternyata masih banyak lagi senyawa lain yang terkandung dalam wortel yang punya manfaat yang luar biasa bagi tubuh.

BEBERAPA MANFAAT WORTEL

manfaat wortel
via pixabay.com
Manfaat wortel sangatlah banyak, sama halnya dengan manfaat yang terkandung dalam sirsak dan timun. Berikut ini adalah beberapa manfaat baru yang akan kamu rasakan setelah mengkonsumsi wortel :

MENYEHATKAN MATA

Manfaat wortel untuk menyehatkan mata, seperti yang kamu ketahui, salah satu kandungan gizi yang paling banyak dimiliki wortel adalah vitamin A sebanyak 50 %. Selain vitamin A itu sendiri ada juga beta karoten, dan lutein yang membantu didalam prosesnya.

Vitamin A itu sendiri berfungsi dalam memberikan nutrisi pada mata sehingga mampu menyehatkan mata dan menjaga mata dari penyakit.

Selain itu bukan hanya menjaga mata dari penyakit, tapi juga menjaga tubuh dari berbagai macam penyakit, termasuk kanker.

MENCEGAH PENYAKIT JANTUNG

Manfaat wortel selain untuk menjaga mata agar tetap sehat, wortel juga mampu mengurangi resiko terkena penyakit jantung, khususnya jantung koroner.

Dan bagi wanita, wortel dapat mencegah dari serangan jantung. Salah satu alasannya adalah karena wortel berfungsi efektif dalam menurunkan kolesterol dan tekanan darah dalam tubuh.

MELINDUNGI TUBUH DARI BERBAGAI JENIS KANKER

Jika kamu berniat membeli sayuran, maka jangan lupa untuk membeli sayuran yang satu ini, wortel. Jika kamu punya kakek atau nenek, paman bibi, ayah dan ibu maka sarankan mereka untuk mengkonsumsi sayuran yang satu ini, dan tidak terkecuali kamu.

Mengapa demikian, karena ternyata kandungan karotenoid serta beta-karoten pada wortel mampu mencegah dan melindungi tubuh dari berbagai jenis kanker. Diantara jenis kanker yang mampu dicegah yakni, kanker paru-paru, kanker lambung, payudara, prostat, dan lain-lain.

Bagi kamu yang masih merokok, konsumsilah wortel, berdasarkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa perokok yang mengonsumsi wortel lebih dari satu buah dalam seminggu dapat menurunkan risiko kanker paru.

Berdasarkan hasil studi yang dipublikasikan oleh American Journal of Clinic Nutrition, mengungkapkan bahwa wortel dapat menurunkan resiko kanker payudara pada wanita sebanyak 60%.

Manfaat mengonsumsi banyak sayur itu (wortel) juga mampu meng­atasi kanker paru-paru. (Counsel and Heal/Ths/X-5)

Itulah salah satu manfaat wortel yang luar biasa.

MENYEHATKAN BAGI OTAK

Manfaat wortel selanjutnya, perlu kamu ketahui bahwa protein serta Vitamin B sangat berguna dalam menyehatkan otak kamu. Dengan mengonsumsi sayur-sayuran seperti umbi-umbian, salah satunya wortel, mampui memperbaiki masalah pada memori otak, daya ingat serta kemampuan berpikir seseorang.

Jika kamu rutin mengonsumsi wortel, ikan, ataupun makanan dengan protein yang tinggi, itu akan memberikan pengaruh yang baik bagi otak kamu.

Oleh karena itu, makanlah wortel, atau kamu juga bisa menjadikannya jus, dan bisa kamu kombinasikan dengan sayuran lain seperti timun.

MENGOBATI PERADANGAN

Ekstrak dari wortel diyakini mampu memberikan efek yang baik dalam mencegah radang pada tubuh. Dikatakan bahwa dampak yang sama dirasakan ketika mengkonsumsi aspirin, celecoxib, ibuprofen, naproxen.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa orang yang kekurang beta-karoten serta vitamin C beresiko terkena penyakit Rheumatoid arthritis.

Rheumatoid arthritis itu sendiri merupakan penyakit yang dialami seseorang akibat dari sistem imun yang tidak mampu mengenali organ pada sendi, sehingga sistem imun menyerang antibodi yang menempel pada sendi sehingga menyebabkan peradangan pada sendi (nyeri sendi).

MENCEGAH PENUAAN DINI SERTA MENJAGA KESEHATAN KULIT

Kandungan karotenoid, Antoksidan, serta polifenol pada wortel oranye dan ungu berfungsi untuk memperlambat proses penuaan dengan cara mengurangi intensitas sinar matahari , polusi, serta radikal bebas yang diterima tubuh.

Termasuk ponsel dan barang-barang elektronik yang sering kita gunakan tiap hari, juga memiliki radiasi yang tinggi, sehingga anda membutuhkan wortel ini untuk membantu anda menangkal radiasi tersebut.

Beta-karoten serta, vitamin E dan vitamin C pada wortel mampu melindungi kamu dari paparan radiasi, sehingga kamu terhindar dari resiko kanker, naik itu kanker kulit, ataupun kanker mata.

MENJAGA KESEHATAN MULUT

Disarankan bagi kamu yang punya masalah dengan mulut kamu, baik itu gigi berlubang, keropos, dan lain-lain, untuk mengkonsumsi wortel.

Wortel sama seperti timun yang memmbantu dalam meninkatkan produksi air liaur pada mulut sehingga menjaga mulut dari kadar asam tinggi yang bisa merusak gigi dan menjadikan mulut bau.

MEMPERKUAT KUKU DAN RAMBUT

Selain menjaga mata, vitamin A pada wortel ternyata berfungsi juga dalam menjaga kesehatan kuk dan rambut, memperkuat kuku dan rambut agar tidak mudah rontok.

Untuk yang ingin rambut dan kukunya sehat, maka sering-seringlah, rutin mengkonsumsi wortel, baik itu dalam bentuk sayur, capcay, atau bahkan jus wortel yang juga bisa kamu kombinasikan dengan timun.

MEMPERKUAT KINERJA ANTIOKSIDAN

Wortel dengan kandungan antioksidannya, apabila dikonsumsi secara rutin dan teratur dengan minimal 5-7 wortel perminggu memiliki khasiat memperkuat efek dari antioksidan dalam tubuh.

Ini akan menjadikan kamu tidak rentan terhadap penyakit, bahkan untuk penyakit kronis yang sering terjadi pada jantung seperti serangan jantung.

Apalagi bagi kamu yang memang sudah divonis terkena penyakit tersebut, maka perbanyaklah minum atau makan makanan yang memiliki zat antioksidan yang tinggi untuk membantu menjaga kesehatan kamu.

MENINGKATKAN KINERJA SISTEM IMUN 

Vitamin C pada wortel punya keunggulan dalam meningkatkan kinerja sistem imun, memperkuat sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Sama halnya seperti zar antioksidan, vitamin C juga memiliki kemampuan yang sama dalam menjaga kesehatan tubuh kamu.

BAIK BAGI JANIN 

Bagi ibu yang sedang mengandung, janin membutuhkan banyak nutrisi, sehingga kamu perlu menambah asupan nutrisi ke dalam tubuh agar janin menjadi sehat.

Salah satu produk alami yang bisa kamu konsumsi dengan baik dan mudah ialah wortel, dengan kandungan vitamin A yang membantu dalam menguatkan rahim serta membantu dalam pertumbuhan janin.

Bukan hanya itu, wortel meningkatkan pertahanan terhadap janin dari serangan penyakit walaupun dalam keadaan ibu yang mengandung sakit, sehingga bayi akan tetap kuat dan aman.

MENJAGA SISTEM PENCERNAAN AGAR TETAP SEHAT

Selain vitamin A, ada juga vitamin B serta serat pada wortel yang membantu pencernaan kamu agar bekerja dengan baik. Serat yang terkandung pada wortel mampu memperlancar pergerakan makanan dalam sistem pencernaan sehingga berjalan dengan lancar.

Konsumsi rutin setiap hari selama seminggu, akan menjaga sistem pencernaan kamu dengan baik, 4-5 biji dengan cara disup, capcay, atau di buat jus.

MENCEGAH DARI DIABETES

Manfaat lain dari nutrisi yang terkandung dalam wortel yakni vitamin K. Vitamin K sendiri sangat bergunan untuk menjaga kadar gula darah agar tetap normal, ini menjadikan kamu tidak mudah terkena diabetes.

Rasa manis dari wortelpun sudah lumayan untuk dibuat jus tanpa perlu kamu tambahkan gula.

MEMPERKUAT TULANG

Manfaat wortel yang selanjutnya yakni ada pada vitamin K nya. Selain menjaga gula darah dalam tubuh tetap stabil, vitamin K juga berfungsi dalam mendukung ketahanan tulang, memperkuat tulang. Selain dari mengkonsumsi susu, timun, ikan lele, yang punya kandungan kalsium, wortel juga dapat membantu dengan vitamin K yang dimilikinya.

Jadi bagi kamu yang punya paman, bibi, kakek, ayah, ibu, nenek, yang telah berusia lanjut, rajinlah untuk memberikan asupan nutrisi ini untuk mereka dan juga kamu sendiri.

MENCEGAH RESIKO TERKENA STROKE

Manfaat wortel yang sekian, sangking banyaknya manfaat dari wortel yang bisa kamu dapatkan, wortel pun mampu mencegah tubuh kamu dari penyakit stroke. Sama halnya dengan penyakit kanker, strokepun bisa dicegah, salah satunya dengan mengkonsumsi wortel secara rutin dan teratur.

Hal ini disebabkan zat antioksidan pada wortel yang membantu dalam menjaga ketahanan tubuh dari penyakit.

MEREMAJAKAN KULIT

Selain timun dan sirsak, kamu juga harus mencoba mengkonsumsi wortel, khasiatnya sama dengan kedua hal tersebut. Kandungan vitamin C pada wortel mamapu memberikan efek yang luar biasa pada kulit, menghilangkan flek hitam pada kulit serta menyamarkan noda.

Untuk kamu para wanita dan pria , lakukan rutinitas mengkonsumsi wortel agar kulit kamu menjadi sehat dan bersih, ini juga bisa menjadi ikhtiar kamu dalam menjaga keindahan tubuh untuk pasangan kamu nantinya. ( Please jangan baper )

Selain meremajakan kulit, wortel terbukti mampu mengatasi penyakit eksim pada kulit. Eksim itu sendiri merupakan penyakit kulit yang efeknya akan membuat kulit menjadi gatal. Hal ini disebabkan kandungan wortel seperti vitamin E dan antijamurnya.

Kamu bisa mengobatinya dengan cara ini:

  • Parut wortel bersamaan dengan kapur sirih
  • Oleskan pada kulit yang terasa gatal
  • Tunggu berama menit sampai sari-sari wortel dan kapur sirih diserap kulit.
  • Setelah itu bilas dengan air.
  • Cara lainnya dengan meminum air rebusan wortel

MENCEGAH ASMA KAMBUH KEMBALI

Beta-karoten pada wortel ternyata bukan hanya mampu mencegah resiko jantungan, stroke dan kanker, bahkan zat ini mampu mencegah asma kambuh kembali.

Bagi kamu yang telah menderita asma selama bertahun-tahun, cobalah untuk mengkonsumsi wortel dalam bentuk apapun secara rutin dan teratur, semoga saja dengan ikhtiar ini bisa memberikan kesembuhan.

MELINDUNGI TUBUH DARI CACING KREMI

Dengan meminum dan mengkonsumsi wortel dan air rebusan wortel secara teratur dan rutin akan melindungi anda dari cacing kremi yang bisa hidup dalam tubuhmu.

Salah satu penyebabnya karena vitamin C dan beta-karoten yang terkandung dalam wortel mampu memberikan efek tidak nyaman pada cacing kremi bahkan membunuhnya.

MENYEIMBANGKAN HORMON

Fosfor yang terkandung dalam wortel merupakan salah satu zat yang mampu membuat hormon dalam tubuh kamu seimbang dan bekerja normal kembali.

MENCEGAH DARI PENYAKIT ANEMIA

Bersama dengan timun, wortel juga mengandung zat besi yang membantu dalam produksi sel darah merah sehingga penyaluran oksigen pada tubuh berjalan normal. Selain itu teknan darah menjadi stabil.

Kamu perlu tahu bahwa anemia terjadi akibat tekanan darah rendah.

Oleh karena itu konsumsilah wortel dengan rutin dan teratur agar kamu sehat.

22). Dapat mengatur suhu tubuh

Jika anda demam tidak harus selalu memberikan obat instan. Nah, anda ternyata bisa mengonsumsi wortel untuk mengatur suhu tubuh di tempat yang normal. Karena wortel mengandung zat besi yang berfungsi untuk mengatur suhu tubuh. Terutama ketika anda demam. Obat instan tidak baik untuk kesehatan ginjal dan juga mengalami ketagihan ketika mengonsumsi obat kimia. Biasakan untuk mengonsumsi bahan atau makanan alami baik dari hewan maupun dari tanaman.

23). Perbaikan sel

Mengonsumsi makanan yang tepat sangat baik untuk perbaikan sel ketika anda sedang sakit. Wortel mengandung fosfor yang bisa melakukan fungsi tersebut. Perbaikan sel berguna ketika mengalami sakit atau mengalami cidera dan juga penyembuhan pasca sakit. Jika anda sedang sakit dan dalam masa pemulihan, atau mengalami cidera akibat jatuh atau kecelakaan. Bisa menggunakan wortel untuk perbaikan sel dengan cara menjus wortel setiap pagi.

24). Membantu membentuk enzim

Beberapa jenis enzim yang penting seperti seperti myoglobin, cytochrome dan katalase dibentuk dengan bantuan zat besi. Wortel mengandung zat besi sebesar 0,8 miligram. Enzim sangat penting agar tubuh bisa bekerja dan substrat bisa berpasangan dengan enzimnya. Enzim juga mendukung berbagai fungsi kerja organ.

25). Menghindari lemah otot

Dengan kandungan mineral fosfor yang mencukupi di dalam tubuh bermanfaat agar tubuh tetap fit dan aktif. Jumlah fosfor yang normal sekitar 1.200 mg untuk orang dewasa, berdasarkan penjelasan para ahli dan praktisi kesehatan. Walaupun wortel hanya mengandung sepersekian miligram fosfor saja, namun hal tersebut tidak berarti anda tidak bisa mengambil manfaatnya. Mengonsumsi wortel rutin juga membantu berkontribusi nutrisi fosfor sehingga dapat menghindari lemah otot atau lelah otot.

26). Membersihkan darah

Kandungan retinol, dan asam rerinoat yang ada pada vitamin A mampu melancarkan peredaran darah dan meningkatkan kesehatan pembuluh diseluruh tubuh. Kebersihan darah sangat penting agar tidak menimbulkan penyakit. Vitamin A merupakan kandungan terbesar dalam wortel. Maka anda, terutama pria wajib sering mengonsumsi wortel. Karena pria tidak mengalami silklus menstruasi.

27). Menjaga hidung agar tetap bersih

Tidak hanya mata, ternyata vitamin A pada wortel bisa menjaga hidung agar tetap bersih. Bagaimana caranya ? jadi, selaput lendir yang ada didalam rongga hidung agar tetap mampu menyaring oksigen yang kemungkinan membawa partikel kecil yang dihasilkan oleh radikal bebas. bagi anda yang takut akan polusi yang menyerang tiap hari di tempat kerja atau lingkungan tinggal anda. konsumsi wortel untuk membuang toksin dan membantu membersihkan hidung anda.

28). Meningkatkan kualitas sperma

Bagi pria atau suami-istri, kualitas sperma sangatlah penting. Dalam hal ini berarti memiliki arti bahwa kualitas sperma akan menghasilkan janin yang berkualitas juga. Selain itu kualitas sperma bisa didapatkan dari wortel yang mengandung vitamin A sangat banyak. Rutinlah mengonsumsi jus wortel setiap pagi atau malam hari.

 

 

Demikianlah beberapa informasi mengenai manfaat wortel yang baru diketahui hasil penelitian beberapa tahun ini oleh para ilmuan. Semoga bisa menambah ilmu kita semua, dan bermanfaat serta bisa diamalkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG 🙂

Jangan lupa untuk terus kunjungi situs ini agar kamu tidak ketinggalan informasi yang bermanfaat, dan juga agar hari-harimu menjadi lebih berwarna, produktif, kreatif dan inovatif. wassalamu’alaikum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: