Panahan Sunnah, Manfaat, Sejarah dan Perlengkapannya

Panahan Sunnah, Manfaat, Sejarah dan Perlengkapannya

Panahan dan Sejarah Dibaliknya

Panahan – Assalamu’alaikum wr. wb., apa kabar nih teman-teman? semoga baik-baik saja. Ada yang suka berolahraga atau hobi berolahraga? olahraga apa yang kalian sukai?

*(tolong tulis di komen dong biar kita kaji bersama-sama untuk menambah pengetahuan kita tentang hal yang kita sukai oke)

Beberapa dari kita mungkin senang bermain bola kaki, volly, rugby, badminton atau yang lebih ekstrim seperti E-Sport mungkin ( PUBG , ML, Dota, dll.)ย haha ini juga kesukaan saya.ย 

Tapi, kali ini kita belum akan membahas mengenai itu, karena belum ada yang komen sih yah. Jadi untuk sekarang kita bahas dulu mengenai olahraga yang menyehatkan jiwa dan raga. Apa tuh?. Mungkin teman-teman sudah sedikit familiar dengan olahraga yang satu ini, yakni memanah.

Apalagi melihat aksi para atlet kita di pertandingan dunia seperti ASEAN GAMES 2018 kemarin yang berlangsung meriah dan membanggakan. Yah, mungkin kalian semua ingin tahu bagaiamana sih olahraga memanah itu sebenarnya, sampai ke akar-akarnya.

Nah,ย Insya Allah kita akan sama-sama mendalami hal tersebut dikesempatan kali ini.

Ada yang menjadikan olahraga memanah ini menjadi super-duper keren dan menyenangkan, apa tuh?. Ternyata, olahraga memanah bukan hanya sekedar menyehatkan jiwa dan raga tapi juga merupakan kegiatan atau aktivitas yang bernilai ibadah.

Kok bisa?

Tentunya ini ada alasannya, setelah ini kita jelaskan yah. Sebelum kita mulai membahas nilai plusnya, ada baiknya kita mulai dari yang awal-awal dulu, menurut kalian bagaimana?.

Ya sudahlah yah, kita lanjut aja ke pembahasan yang pertama ๐Ÿ™‚

Sejarah Panahan dan Olahraga Memanah Di Indonesia

atlet panahan
via Google

Dalam sejarah panahan, penggunaan awalnya adalah sebagai alat berburu dan untuk membela diri dari serangan binatang buas di jamannya. Tetapi hingga saat ini, panahan menjadi sebuah olahraga yang banyak disenangi orang, bahkan masuk ke dalam sebuah kompetisi besar dunia.

Artinya bahwa memanah bukan hanya memberikan rasa aman terhadap penggunanya, tetapi juga rasa tenang dan senang saat melaksanakannya. Itulah mengapa olahraga memanah menjadi salah satu hobi yang disenangi banyak orang.

Berdasarkan pelaksanaannya memanah atau panahan adalah kegiatan dimana kita melemparkan atau melesatkan sebuah anak panah dengan busur panah.

Bukan hanya sekedar menembakkan anak panah tanpa sebuah target, tentunya dengan sebuah target yang tepat, dengan fokus dan konsentrasi yang kuat.

Dalam sejarahnya, bukti mengenai keberadaan awal panahan muncul 5000 tahun yang lalu. Masa dimana berburu adalah salah satu aplikasi dari busur panah sebelum berubah menjadi seperti sekarang.

Nah teman-teman, tahukah kalian bahwa sebelumnya ada lagi bukti lain bahwa busur panah atau memanah sudah ada lebih dari 5000 tahun yang lalu?

kalau belum tau, jangan berhenti di sini yah, lanjut baca lagi biar tahu, gitu..

Yang paling ekstrimnya, beberapa buku menampakkan bahwa memanah sudah ada puluhan ribu tahun yang lalu. Judul buku atau perkamennya belum saya temukan sampai saat ini, hanya sekedar penelitian-penelitian oleh para sejarawan.

Dikatakan bahwa 71.000 tahun yang lalu busur panah atau kegiatan berburu menggunakan busur panah telah dilakukan oleh suku Neanderathal. Asumsi ini dikemukakan oleh Kyle Brown dari The University of Cape Town bersama dengan mahasiswanya.

memanah sudah ada sejak 70000 tahun oleh suku neandateral atau hominid
via smithsonianmag.com

ditemukan di afrika, studi mengenai bukti ini dipublikasikan dalam majalah Nature.ย 

Dimana batu ini ditemukan dalam bentuk seperti mata anak panah atau ujung tombak. Proses pembuatannya memerlukan pengetahuan dan keterampilan yg tepat.

Berdasarkan jenisnya ini tergolong sebagai silcrete stoneย yang memiliki karakteristik yang keras dan susah untuk diolah.

Ini membuktikan bahwa kecerdasan manusia sudah ada sejak itu, dengan keterampilan seperti itu membuat busur panah dan anak panah adalah hal yang mungkin. Ini adalah sebuah tanda kemunculan ilmu pengetahuan yang kompleks dan rumit.

Fakta dan Sejarah Lain Mengenai Panahan

sunnah panahan dan sejarah masuk panahan
Olahraga memanah via Pixabay

Di Sisi lain dari penemuan di atas, sejarah mengenai penemuan busur panah atau penggunaannya oleh ahli purbakala ditemukan.

Pada penggalian di mesir untuk menemukan artifak, ditemukan sebuah tubuh prajurit mesir kuno yang pada saat itu didapati tubuhnya meninngal dalam keadaan tertusuk anak panah.

Datanya menunjukkan bahwa sekitar 2100 tahun sebelum masehi aktifitas memanah ini sudah ada. Beberapa perkamen dan buku menyebutkan aplikasi dari alat ini telah digunakan 1600 setelah masehi sebagai alat perang setiap negara.

Adapun beberapa suku yang hingga saat ini masih menggunakan busur panah sebagai alat untuk mencari penghidupan diantaranya:

  • Suku Veda (Pedalaman Sri Langka)
  • Suku Negro (Afrika)
  • Suku Dayak (Kalimantan)
  • Suku Buku-buku
  • Suku Irian (Irian Jaya)

Selanjutnya, beberapa ahli berpendapat bahwa panah dan busur ini ditemukan dan digunakan pada Era Mesolitikum. Yah, Sekitar 5-7 ribu tahun sebelum masehi. Dan 10-15 ribu tahun sebelum masehi pada Era Paleolitikum di awal peradabannya.

Dimana kita tau nih, di zaman-zaman itu peradaban manusia sudah masuk dalam periode berburu sebagai kegiatan untuk bertahan hidup. Tapi bukan kayak spongebob dan patrick yang minta makan pake kerang ajaib yah ๐Ÿ˜€

Selanjutnya, masuknya olahraga memanah atau alat panah di Indonesia itu sendiri berdasarkan kisah wayang yang dikatakan sebagai sebuah sejarah, menggambarkan keberadaannya. Orang-orang terkenal seperti Arjuna, Dipati Karno, Ekalaya, Sumantri dan banyak lagi, ini dikenal sebagai tokoh pemanah yang hebat.

Perlombaan memanah mulai hadir dan dipopulerkan di Indonesia, terhitung sejak PON (Pekan Olahraga Nasional) pertama dilaksanakan. Olahraga yang satu ini dinobatkan sebagai olahraga nasional sejak saat itu, bahkan untuk persatuan panahan indonesia baru hadir setelah itu.

Sekitar tahun 1953, tepatnya 12 Juli 1953 di Yogyakarta atas mandat Sri Paku Alam VIII. Perhelatan lomba memanah ini akhirnya diselenggarakan secara terorganisir pada tahun 1959 di Surabaya.

Selanjutnya berjalan terus sampai sekarang memanah menjadi salah satu cabang olahraga di Asian Games 2018.

Mengenal Perlengkapannya

busur panah dalam olahraga panahan
Peralatan panahan via Pixabay

Yah, masih disinikah kalian wahai para Robin Hood KW? hihi ๐Ÿ™‚

Jangan kemana-kemana dulu, sekarang kita harus lebih mengenali perlengkapan dalam olahraga yang keren ini agar…. tau… agar pintar.ย 

Seperti yang kalian sering lihat, kalau kita kumpulka semua alat-alat yang dibutuhkan dalam memanah, maka akan sangat banyak. Untuk kali ini, kita hanya akan berkenalan dengan yang namanya busur panah, target sasaran, dan anak panah.

Kalau ada yang mau ditanyakan, langsung tulis komentar di bawah aja yah. Fardhu ‘ain , wajib, kudu dan mesti, oke ๐Ÿ™‚

Langsung saja, berikut perlengkapannya:

Busur Panah

Alat yang satu ini adalah penunjang utama dari kegiatan ini. Tanpa busur panah kamu tidak akan bisa melesatkan anak panah. Tapi bukan buat nembak cewek yah ๐Ÿ˜€

Berdasarkan Tipe, Bahan, dan kekuatannya sangat banyak, kita mulai dari tipe terlebih dahulu:

  1. Horsebow
    Busur panah dalam olahraga panahan
    Horsebow berbahan dasar PVC – cobalagiaja.com/jual-panahan

    Sesuai dengan namanya, nama busur panah tipe ini berasal dari dua suku kata yakni “Horse” dan “Bow”, yang berarti kuda dan busur panah. Penggunannya adalah dengan berkuda, tetapi juga bisa digunakan tanpa berkuda.Tipe ini cukup ringan dan kuat dari segi kekuatannya, bisa dibilang “kecil-kecil cabe rawit”.

     

  2. Longbow
    Contohnya English Longbow

    english longbow panahan yang bagus
    English Longbow via Google.com

    Berbeda dari Horsebow yang tubuhnya kecil dan imut, longbow lebih panjang dengan kekuatan yang lebih kecil sedikit.

    Panjangnya bisa mencapai 2 meter atau setinggi penggunanya.Salah satu contoh dari penggunaan longbow oleh prajurit jepang dimasa itu dan tentara Inggris sebelum berubah menjadi senjata api.

    Busur ini memiliki kekuatan tarikan atau berat tarikan sekitar 150-160lbf / 710 N.

  3. Recurve
    busur panah dalam olahraga panahan
    Recurve bow via Pixabay

    Jenis panah recurve adalah panah yang biasanya menjadi standar dalam perlombaan. Diberi nama sebagai recurve didasari oleh bentuknya yang menyerupai kurva pada bagian limbs.Perbedaannya dibagian ujung limbsnya melengkung ke arah berlawanan menjauhi pemanah seperti pada gambar.

  4. Flat Bow

    flatbow panahan yang kuat dengan desain modis
    flatbow via Aliexpress

    Seperti namanya, Flat Bow yang artinya busur datar. Bentuknya yang pipih dan lurus datar ini menjadikannya terlihat lebih elegant.Limbsnya yang lebar dengan penampang berbentuk segi empat.Dimana pada bagian pegangannya menjadi agak ramping yang sebelumnya lebar untuk memudahkan penggunanya.

  5. Cable Backed Bow

    cabled backed bow panahan dengan kualitas bahan rendah tapi kuat
    cable backed bow via Google.com

    Dengan nama Cable Backed Bow berdasarkan jenis panahan yang dapat terbuat dari bahan baku yang rendah kualitas.Diambil dari namanya, jenis busur ini menggunakan kabel sebagai penguat baginya.Dengan melilitkan kabel disepanjang busur panahnya sehingga memberikan ketahanan yang lebih pada kayu/bambu yang berkualitas rendah.

    Ini bisa menjadi solusi untuk menghemat biaya anak kos seperti kamu, Coba aja kalau mau hihi ๐Ÿ™‚

     

  6. Yumi

    yumi kyudo bow panahan era jepang kuno
    Yumi seni panahan kyudo via Google

    Namanya terdengar agak ke jepang-jepangan bukan?.ย Yah,ย busur panah yang satu ini berasal dari jepang, dahulu kala ada aliran seni memanah bernama kyudo.Pada zamannya yumi ini digunakan oleh para samurai.Pasti seketika kalian membayangkan samurai pakai panah kan? aku juga XDJika dilihat dari bentuk dan dimensinya, yumi juga sebenarnya bisa dikategorikan ke dalam longbow.

    Perbedaannya, kedua sisi tidak simetris, sehingga sisi kanan lebih pendek dari kiri.

Dan lagi, beberapa bahan dari busur panah yakni

  • Bambu
  • Rotan
  • PVC
  • Fiber
  • Plastik

 

Anak panah

anak panah bahan bambu gombong yang kuat tapi tidak terlalu halus
anak panah by pexels
anak panah bahan kayu ramin
anak panah by Pexels

Beralih ke anak panah, sama halnya dengan busur bahan pembuatan dari anak panah juga berbeda-beda. Semakin tinggi kualitas semakin bagus

Anak panah pada umumnya terdiri antara :

  • Bambu ( Pemula )
  • Kayuย ( Pemula )
  • Fiber
  • Aluminium
  • Plastikย ( Pemula )
  • Besi

Kekuatan dari setiap bahan tentunya berbeda-beda. Hal ini berpengaruh pada konsistensi arah dari anak panah ketika ditembakkan.

Semakin berat dan tebal bahan maka akan semakin fokus dan tahan terhadap resistensi udara sehingga anak panah bisa melesat sesuai sasaran.

Sasaran

 

target atau sasaran panahan bentuk kotak
target atau sasaran via google.com

Untuk sasaran panahan itu sendiri juga punya beberapa bentuk dan bahan yang bermacam-macam.

Biasanya untuk pertandingan atau pemula menggunakan sasaran yang berbentuk bulat atau kotak dengan dilapisi gabus / busa. Busa yang digunakan namanya spon eva ,ย teksturnya yang rapat, seperti halnya karet ban atau busa cuci piring yg agak keras.

beberapa bentuk sasaran :

  • Setengah badan manusia
  • Proporsi tubuh manusia
  • Kotak
  • Bulat
  • Tameng
  • Tabung
  • Hewan

Semuanya ini dapat dibuat sesuai keinginan dengan aturan dan posisi face targetย / lingkaran sasaran.

String

string panahan berbahan dasar dacron
string panahan by Pixabay

Selanjutnya mengenai string, atau tali yang digunakan sebagai alat yang menyalurkan kekuatan dari busur panah ke pada anak panah.

Beberapa sifat utama yang dimiliki string diantaranya :

  • Stretch atauย elastis
  • Creep , bisa memanjang tapi tidak dapat kembali ke bentuk semula
  • Durability, bahannya awet dimana tandanya adalah stringnya tidak mudah berbulu, seperti benang yang rusak dan kusut,
  • Breaking Strength,ย tension atau tekanan yang dibutuhkan untuk memutuskan tali, artinya untuk mengetahui batasan kekuatan tali.
  • Noise,ย gangguan suara atau kebisingan akibat penggunaan tali / string saat menembakkan anak panah.

Beberapa string panahan yang saya tau selama ini, diantaranya :

  • Dacron
  • Fast Flight
  • Nilon

Kekuatannya tentu berbeda-beda sesuai dengan bahan pembentuknya, serta bagaimana melilitnya. Dan beberapa yang sampai saat ini telah saya coba adalah dacron dan nilon.

Di sini ada dacron yang bahannya terbentuk dari sejenis tali sepatu kalau dilihat-lihat, dibuat berlapis-lapis sehingga lebih kuat.

Dan benang nilon, yang biasanya digunakan dalam aktivitas memancing, sifat dasarnya sedikit lentur, juga kuat, dan karakteristiknya seperti plastik.

Hadits Tentang Memanah

 

ูŠูุฏู’ุฎูู„ู ุจูุงู„ุณูŽู‘ู‡ู’ู…ู ุงู„ู’ูˆูŽุงุญูุฏู ุซูŽู„ูŽุงุซูŽุฉูŽ ู†ูŽููŽุฑู ุงู„ู’ุฌูŽู†ูŽู‘ุฉูŽ ุตูŽุงุญูุจูŽู‡ู ุงู„ูŽู‘ุฐููŠ ูŠูŽุญู’ุชูŽุณูุจู

ูููŠ ุตูŽู†ู’ุนูŽุชูู‡ู ุงู„ู’ุฎูŽูŠู’ุฑูŽ ูˆูŽุงู„ูŽู‘ุฐููŠ ูŠูุฌูŽู‡ูู‘ุฒู ุจูู‡ู ูููŠ ุณูŽุจููŠู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู

ูˆูŽุงู„ูŽู‘ุฐููŠ ูŠูŽุฑู’ู…ููŠ ุจูู‡ู ูููŠ ุณูŽุจููŠู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุงุฑู’ู…ููˆุง ูˆูŽุงุฑู’ูƒูŽุจููˆุง

ูˆูŽุฅูู†ู’ ุชูŽุฑู’ู…ููˆุง ุฎูŽูŠู’ุฑูŒ ู…ูู†ู’ ุฃูŽู†ู’ ุชูŽุฑู’ูƒูŽุจููˆุง

โ€œSesungguhnya Allah โ€˜azza wajalla akan memasukkan tiga orang ke dalam surga lantaran satu anak panah; orang yang saat membuatnya mengharapkan kebaikan, orang yang menyiapkannya di jalan Allah serta orang yang memanahkannya di jalan Allah.โ€ Beliau bersabda: โ€œBerlatihlah memanah dan berkuda. Dan jika kalian memilih memanah maka hal itu lebih baik daripada berkuda.โ€ (AHMAD โ€“ 16699)

ุณูŽู…ูุนู’ุชู ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ู…ูู†ู’ุจูŽุฑู ูŠูŽู‚ููˆู„ู

{ ูˆูŽุฃูŽุนูุฏูู‘ูˆุง ู„ูŽู‡ูู…ู’ ู…ูŽุง ุงุณู’ุชูŽุทูŽุนู’ุชูู…ู’ ู…ูู†ู’ ู‚ููˆูŽู‘ุฉู }

ุฃูŽู„ูŽุง ุฅูู†ูŽู‘ ุงู„ู’ู‚ููˆูŽู‘ุฉูŽ ุงู„ุฑูŽู‘ู…ู’ูŠู ุฃูŽู„ูŽุง ุฅูู†ูŽู‘ ุงู„ู’ู‚ููˆูŽู‘ุฉูŽ ุงู„ุฑูŽู‘ู…ู’ูŠู ุฃูŽู„ูŽุง ุฅูู†ูŽู‘ ุงู„ู’ู‚ููˆูŽู‘ุฉูŽ ุงู„ุฑูŽู‘ู…ู’ูŠู

Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam berada di atas mimbar berkata: โ€œDan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi.ย Ketahuilah bahwa kekuatan itu adalah memanah, ketahuilah bahwa kekuatan itu adalah memanah, ketahuilah bahwa kekuatan itu adalah memanah!โ€ (ABUDAUD โ€“ 2153)

ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู’ูˆู ุฅูู„ูŽู‘ุง ูููŠ ุซูŽู„ูŽุงุซูŽุฉู

ุชูŽุฃู’ุฏููŠุจู ุงู„ุฑูŽู‘ุฌูู„ู ููŽุฑูŽุณูŽู‡ู ูˆูŽู…ูู„ูŽุงุนูŽุจูŽุชูู‡ู ุงู…ู’ุฑูŽุฃูŽุชูŽู‡ู ูˆูŽุฑูŽู…ู’ูŠูู‡ู ุจูู‚ูŽูˆู’ุณูู‡ู ูˆูŽู†ูŽุจู’ู„ูู‡ู ูˆูŽู…ูŽู†ู’

ุชูŽุฑูŽูƒูŽ ุงู„ุฑูŽู‘ู…ู’ูŠูŽ ุจูŽุนู’ุฏูŽ ู…ูŽุง ุนูŽู„ูู…ูŽู‡ู ุฑูŽุบู’ุจูŽุฉู‹ ุนูŽู†ู’ู‡ู ููŽุฅูู†ูŽู‘ู‡ูŽุง ู†ูุนู’ู…ูŽุฉูŒ ูƒูŽููŽุฑูŽู‡ูŽุง ุฃูŽูˆู’ ู‚ูŽุงู„ูŽ ูƒูŽููŽุฑูŽ ุจูู‡ูŽุง

Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam bersabda: โ€œTidak ada hiburan kecuali dalam tiga hal; seorang laki-laki yang melatih kudanya, candaan seseorang terhadap isterinya, dan lemparan anak panahnya. Dan barangsiapa yang tidak memanah setelah ia mengetahui ilmunya karena tidak menyenanginya, maka sesungguhnya hal itu adalah kenikmatan yang ia kufuri.โ€ (NASAI โ€“ 3522)


Penutup

Alhamdulillah, kita telah sampai di penghujung konten kali ini, semoga teman-teman sekalian bisa mengamalkan dan lebih semangat lagi latihannya, oh iya kalau butuh panah bisa pesan disini loh

Klik disini –> Jual Panahan Murah Berkualitas 100% Indonesia

Jangan lupa untuk terus mengunjungi situs cobalagiaja.com yah sahabat, agar hari-harimu lebih produktif dan kreatif ๐Ÿ™‚

Wassalamu’alaikum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: