Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli untuk Referensi [ Terlengkap ]

Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli untuk Referensi [ Terlengkap ]

Pengertian Seni Rupa –┬áSeni rupa adalah bagian dari kehidupan dengan yang menjadi tonggak peradaban manusia. Sebagaimana yang kita semua ketahui bahwa seni telah mewarnai seluruh kehidupan kita. Bangunan yang mewah dan megah, ornamen-ornamen yang ada dalam setiap suku kebudayaan di Indonesia juga merupakan bentuk seni rupa nyata.

Semua hal ini telah hadir sejak dahulu kala, sejak zaman prasejarah dimana manusia telah mengenal seni dengan aliran primitif. Mulai dari bentuk yang abstrak sampai detil, seni rupa terus berkembang dari hari ke hari, terus menghiasi peradaban dengan baik.

Seni itu ibarat nyawa bagi zaman, tanpa adanya seni rupa maka peradaban seperti halnya kapal tua yang rapuh dan tak enak dipandang. Hasilnya saat ini kita bisa menikmati keindahan seni rupa dimanapun dan kapanpun.

Sama halnya dengan manusia, menjadikan setiap cobaan demi cobaan yang datang pada kehidupannya menjadi sebuah bumbu-bumbu seni yang mengindahkan rasa kehidupan. Akan tetapi bagaimana kita bisa mengidentifikasi sebuah karya seni rupa yang indah? tentunya kita harus mengenal apa seni rupa itu sendiri.

Oleh karenanya dalam konten kali ini, mari kita coba untuk mengambil berbagai sudut pandang dari para ahli dibidang ini. Berikut penyampaian mereka :

Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli :

pengertian seni rupa menurut para ahli

1. Pengertian Seni Rupa Berdasarkan KBBI

Dituturkan dalam kamus besar bahasa indonesia dimana pengertian seni rupa dimana kata seni sendiri dijabarkan dalam tiga poin :

  • Keahlian yang menjadikan sebuah karya tampak menjadi berkelas
  • Kecil dan halus, halus, tipis dan halus, lembut dan elok
  • Kemampuan akal dalam menghasilkan atau menciptakan suatu ide yang bernilai tinggi atau luar biasa.

Artinya bahwa

Pengertian yang diutarakan dalam KBBI bermaksud menjelaskan seni sebagai sebuah kemampuan atau kesanggupan seseorang dalam menciptakan hal yang bernilai. Sedangkan di poin kedua menjelaskan seni dalam satu kata yang mudah untuk dipahami.

2. Pengertian Seni Rupa Menurut Haukin

Menurut Haukin seni rupa digambarkan sebgai sebuah ekspresi jiwa seseorang yang digambarkan dalam sebuah imajinasi dengan bentuk yang indah. Diungkapkan dan bisa dinikmati oleh orang dalam pertunjukkan pameran seni.

3. Pengertian Seni Rupa Menurut Cooring Hartong

Coring Hartong adalah seorang seniman asal belanda, menurut pandangannya seni rupa didefinisikan sebagai sebuah cara mengekspresikan diri serta emosi yang dapat dirasakan & dinikmati banyak orang. Hal ini didasari oleh kepiawaiannya dari seni tari yang memberikannya pandangan tersebut.

4. Pengertian Seni Rupa Oleh Kamala Devi Chattopadhayaya

pengertian seni rupa kamaladevi

 

Dari seorang wanita revormis kelahiran india, lahirlah sebuah pandangan mengenai seni rupa dan bagaimana dia mengartikannya. Menurut pendapatnya seni rupa merupakan desakan dari sebuah ekspresi diri yang dimunculkan sebagai sebuah bentuk luapan emosi atau perasaan yang mampu dirasakan oleh orang-orang yang melihatnya.

5. Pengertian Seni Rupa Menurut Sussane K. Langer

pengertian seni rupa Sussane K. Langer

Sussane K. Langer seorang filsuf asal amerika definisi dari seni rupa sebagai sebuah hasil karya manusia yang indah dan bisa dinikmati dan dirasakan oleh orang lain dalam bentuk terindahnya.

6. Pengertian Seni Rupa Menurut Irving Stone

pengertian seni rupa irving-stone

Irving stone menjelaskan bahwa kesenian merupakan kebutuhan pokok sebagaimana mantel, roti ataupun anggur dimusim yang dingin. Orang-orang yang menganggap seni sebagai sebuah hal yang mewah, maka pikiran mereka tidak utuh.

Roh manusia yang menjadikan seni sebagai makanan yang dibutuhkan bagi tubuh.

7. Pengertian Seni Rupa Oleh Kuntjaraningrat

Menurut beliau seni rupa adalah bentuk yang kompleks dari setiap gagasan, ide, nilai serta norma-norma dimana aktivitas manusia dan pola tindakannya dibentuk dalam wujud benda hasil karya manusia.

8. Pengertian Seni Rupa Menurut Eric Ariyanto

Sedikit memiliki pandangan yang lebih dalam memandang bahwa seni ialah kegiatan rohani atau yang dicerminkan ke dalam sebuah karya. Karya seni yang mampu membangunkan perasaan orang-orang yang melihat dan mendengarkannya itulah seni rupa yang dimaksudkan Eric Ariyanto.

9. Pengertian Seni Rupa menurut Ki Hajar Dewantara

Sang bapak pendidikan Ki Hajar Dewantara menjelaskan bahwa seni ialah setiap perbuatan manusia yang muncul dari perasaan dan sifat yang indah dan mampu menggerakkan jiwa serta perasaan manusia.

Mudahnya, bahwa setiap hal mengenai perbuatan manusia yang mencerminkan sebuah perasaan dan sifat yang indah yang bisa menjadikan orang lain tergerak sesuai dengan apa yang dirasakan.

10. Menurut Prof. Drs. Suwaji Bastomi

Menurut Suwaji Bastomi, seni itu dianggap sebagai sebuah aktivitas batin dengan pengalaman tentang estetika yang dituangkan dalam bentuk yang agung. Seni mempunyai kekuatan membangkitkan rasa haru dan takjub.

Gampangnya suwaji bastomi ingin menyampaikan bahwa seni itu agung dan mampu membangkitkan rasa.

11. Drs. Popo Iskandar

Tidak jauh berbeda dengan Ki Hajar Dewantara, Drs. Popo Iskandar memahami seni sebagai sebuah ungkapan emosi yang ingin disampaikan kepada orang lain. Seni sebagai sebuah kesadaran hidup berkelompok/bermasyarakat.

12. Emmanuel Kant

Oleh Emmanuel Kant, seni disebut sebagai impian yang tidak bisa diwujudkan dengan rumus-rumus tertentu. Mudahnya, seni dianggap sebagai sesuatu yang kompleks dimana impian tidak mampu dijabarkan dan disampaikan lewat rumus-rumus.

13. William A. Haviland

William A. Haviland menyebutkan bahwa kesenian ialah sebuah sistem secara menyuluruh yang melibatkan proses penggunaan imajinasi manusia secara kreatif dalam suatu kelompok masyarakat atau kebudayaan.

Singkatnya, william A. Haviland menganggap seni sudah menjadi sebuah sistem yang berlaku pada suatu kelompok masyarakat secara umum dengan imajinasi manusia sebagai poin pentingnya.

14. Schopenhauer

Schopenhauer berpendapat bahwa seni merupakan usaha dalam membuat sebuah bentuk yang mengasyikkan. Jadi, setiap hal yang mengasyikkan walaupun abstrak adalah sebuah karya seni.

15. Leo Tolstoy

Leo Tolstoy menggambarkan sebuah seni sebagai media penyaluran perasaan oleh pencipta seni kepada orang lain agar dapat merasakan hal yang sama.

16. Alexander Baum Garton

Keindahan serta tujuan positif adalah inti dari seni menurut Alexander Baum Gorton yang diharapkan mampu menjadikan orang yang melihat ataupun mendengarkannya merasa bahagia.

17. Akhdian Karta Miharja

Kegiatan rohani yang mencerminkan realitas dalam bentuk dan isi suatu karya sehingga bisa membangkitkan pengalaman tertentu dalam rohani penerimanya adalah seni menurut akhdian.

18. Plato dan Rousseau

pengertian seni rupa oleh plato1

Plato dan rousseau menjelaskan seni dengan sangat mudah dan gamblang. Seni diungkapkan sebagai tiruan alam dilihat dari segala sisinya.

Pendapat plato dan rousseau ini tergambarkan dalam aliran seni rupa realisme yang jelas-jelas mencerminkan alam dari setiap sisi dan keindahannya.

19. J.J. Hogman

Pengertian seni rupa menurut J.J. Hogman sangat mudah dipahami karena beliau menjelaskan bahwa kesenian adalah hal yang mengandung ide, artefak serta aktifitas di dalamnya.

20. Pengertian Seni Rupa menurut Kottak

Kottak mengungkapkan bahwa seni merupakan hasil ekspresi, alam keindahan, kualitas ataupun setiap hal yang bahkan melebihi keasliannya dan juga pengklasifikasian dari objek-objek berdasarkan kriteria estetisnya.

Mudahnya kottak ingin mengatakan kepada kita bahwa seni itu adalah hasil ekspresi yang indah dan berkualitas yang menonjolkan keindahan karakteristik dari objek-objek tertentu dan bahkan memperindahnya.

21. La Mery

La mery merupakan ahli seni rupa 2 dimensi yang berasal dari prancis. Beliau menerangkan seni rupa sebagai sebuah penglihatan ekspresi yang dinyatakan secara simbolis ke dalam suatu bentuk yang lebih tinggi dan indah.

Bentuk ini lalu dinetralkan menjadi bentuk yang indah dari emosi dan ekspresi diri.

 

Secara garis besar memahami dari setiap penjelasan dari pengertian seni rupa menurut para ahli maka dapat disimpulkan bahwa seni rupa merupakan pengekspresian diri dalam bentuk yang indah ke dalam suatu objek sehingga dapat dilihat, dirasakan, dan diraba oleh orang yang melihatnya.

Dilansir dari wikipedia.org bahwa seni rupa merupakan cabang seni yang membentuk sebuah karya dengan media yang mampu ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan.

Agar lebih memahami mengenai seni rupa itu sendiri, maka diperlukan usaha untuk lebih mengenali seni rupa dari berbagai aspek. Bagaimana seni rupa itu sendiri kita rasakan dengan dan lihat dengan banyaknya aliran seni rupa sebagai praktik dari pemahaman akan ilmu tersebut.

Selain itu dengan memperhatikan setiap karya seni baik itu 2 dimensi maupun 3 dimensi dari setiap aliran dan bentuk seperti :

  • Lukisan, dimana hasil karya seni rupa 2 dimensi didapatkan dengan cara menggabungkan teknik mewarnai dan menggambar dengan ekspresi yang bisa dinikmati oleh mata.
  • Kerajinan keramik, ialah salah satu hasil dari seni rupa 3 dimensi yang menggunakan bahan dasar keramik dengan teknik tertentu untuk membuatnya.
  • Relief, karya seni rupa 3 dimensi dari sebuah gambar.
  • Foto, dimana karya seni rupa 2 dimensi dibuat dengan menggunakan bantuan kamera sebagai alat penangkap gambar yang secara jelas mencerminkan alam sebagaimana teori di atas.
  • Patung, karya seni yang dapat dilihat, diraba, dan dirasakan emosi yang mengalir di dalamnya.

Selain itu masih banyak lagi bentuk dari seni rupa yang bisa menjadi acuan untuk mendalami seni rupa lebih baik lagi. Oleh karena itu perbanyaklah berkeliling di daerah sekitarmu untuk melihat berbagai karya seni dan mencoba memahami apa saja yang menarik dari hal tersebut.

Cara tersebut bisa membantu anda kedepannya, apalagi dalam mengapresiasi seni yang nantinya akan berguna bagi anda yang ingin masuk ke jurusan kesenian atau DKV.

Penutup

Alhamdulillah, telah sampai di penghujung tulisan, semoga waktu yang kalian pergunakan untuk membaca perihal seni rupa ini menjadi bermanfaat kedepannya dan dapat di amalkan.

Jangan lupa untuk terus mengunjungi situs cobalagiaja.com untuk mendapatkan update informasi produktif dan kreatif lainnya.

Terima kasih telah berkunjung ­čÖé

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: