Penyebab, Proses, dan Contoh Perubahan Energi

Penyebab, Proses, dan Contoh Perubahan Energi

Dalam kehidupan sehari-hari seringkali terjadi perubahan energi ini  ditandai dengan adanya perubahan bentuk dari energi yang satu ke energi lainnya. Setiap benda ataupun objek sejatinya memiliki ambang batas minimum yang  berbeda-beda. Bahkan, makhluk hidup dari tumbuhan, hewan maupun manusia juga memiliki energi tersendiri yang dapat mengalami perubahan.

Energi terbagi menjadi dua jenis yaitu energi potensial yaitu energi yang terdapat pada sebuah objek dalam sebuah benda diam. Sedangkan, energi yang terjadi karena adanya gerakan disebut menjadi energi kinetik. Apabila mengamati setiap benda ataupun objek yang terdapat di dunia ini pastinya memiliki perubahan energi baik potensial maupun kinetik.

Sekarang ini tanpa disadari sebagian besar orang selalu melakukan aktivitas yang menyebabkan terjadinya perubahan energi. Salah satunya yaitu mencharger hp dari energi listrik menjadi energi cahaya.

Hampir sebagian besar orang kini memiliki hp ataupun gadget lainnya yang sangat berkaitan dengan perubahan energi dari listrik menjadi nyala agar bisa  digunakan sesuai fungsinya.

Penyebab Perubahan Energi

perubahan energi dari bahan bakar fossil menjadi panas
source wikipedia.org

Untuk mengetahui perubahan suatu energi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari maka ketahui terlebih dahulu mengenai penyebab adanya perubahan energi, ulasan lengkap penjelasannya terdapat dalam list di bawah ini.

Gerak

Salah satu penyebab terjadinya hal tersebut yaitu adanya faktor gerak yang dilakukan baik sengaja maupun tidak sengaja. Contohnya yaitu perubahan energi yag terjadi pada kincir angin pada PLTA.

Ketika kincir angin digerakan maka akan menghasilkan angin yang dapat menghasilkan listrik yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Usaha

Adanya usaha yang dilakukan juga mempengaruhi terjadinya perubahan terhadap energi yang ada dalamsetiap objek. Contohnya, proses sintesis yang dilakukan oleh daun hijau dengan bantuan sinar matahari akan menghasilkan oksigen yang dibutuhkan oleh makhluk hidup untuk bernafas. Fotosintesis tersebut merupakan proses perubahan cahaya menjadi kimia.

Kebutuhan

perubahan energi saat makan
source health.spectator.co.uk

Kebutuhan menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya pergantian energi dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya, penggunaan gadget yang mengubah energi listrik menjadi energi cahaya. Tanpa disadari oleh penggunanya bahwa dalam proses pengisian daya pada gadget ada energi yang diubah untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Proses Perubahan Energi dan Contohnya

Setelah mengetahui faktor penyebab terjadinya perubahan energi maka ketahui pula proses yang menjelaskanterjadinya perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari, untuk mengetahuinymaka simak uraian list di bawah ini.

Energi Cahaya Menjadi Listrik

Perubahan energi cahaya menjadi listrik dapat terjadi dalam kehidupan sehari-hari disebabkan karena adanya usaha untuk memperoleh energi listrik dari energi cahaya. Dalam beberapa aspek hal tersebut memang tidak terjadi pada setiap objek ataupun benda karena tidak semuanya mampu mengubah cahaya menjadi listrik.

Contohnya cahaya menjadi listrik yaitu panel surya yang berperan penting dalam dunia milenial untuk mendapatkan listrik dari perantara sebuah benda untuk mendapatkan listik. Hal tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu cara yang berperan sebagai penghemat listrik.

Panel surya memang sudah banyak digunakan disekitar lingkungan kita terutama pada sebuah lingkungan yang memiliki banyak ruang ataupu gedung besar yang membutuhkan energi listrik cukup banyak.

Energi Kimia Menjadi Gerak

Energikimia menjadi gerak merupakan perubahan energi yang disebabkan dengan adanya bantuan berupa bahan kimia dapat menggerakan suatu objek ataupun benda. Perubahan energi yang satu ini tentunya sangat mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari apabila mengamatinya.

Contohnya,sepeda motor yang membutuhkan bensin, kemudian kereta membutuhkan solar danlainnya. Energi kimia yang digunakan berupa bensin ataupun solar yang dapat membuat sepeda motor dapat digunakan karena mengalami perubahan energi. Hampir semua alat transportasi dapat digunakan apabila sudah terisi dengan bahan kimia.

Energi Gerak Menjadi Listrik

Prose sperubahan energi dari gerak menjadi energi listrik yaitu menyatakan terjadinya perubahan dari adanya gerak menjadi listrik. Hal tersebut memang tidak dapat dijumpai dalam banyak objek di kehidupan sehari-hari.

Contohnya,cara kerja kincir angin ataupun dinamo, bahkan PLTA yang memiliki cara kerjagerak dengan menggunakan angin untuk mendapatkan listrik. Apabila kincir angin ataupun dinamo tanpa adanya gerakan maka tidak akan dapat digunakan sebagai salah satu penghasil energi listrik yang sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Energi Listrik Menjadi Gerak

Dalam kehidupan sehari-hari juga terdapat jenis perubahan energi listrik yang berubah menjadi energi gerak. Penyebab dari adanya perubahan tersebut disebabkan karena adanya usaha menghubungkan suatu objek dengan listrik sehingga menjad ibergerak.

Contohnya yaitu perubahan dari energi listrik kipas angin yang menjadi gerak apabila terhubung dengan listrik. Selain itu, masih banyak contoh perubahan energi listrik menjadi energi gerak dalam kehidupan sehari-hari. Ketahuilah bahwa AC juga menjadi salah satu contoh terjadinya perubahan energi listrik menjadienergi gerak.

Energi Listrik Menjadi Kimia

Perubahan energi listrik menjadi energi kimia terjadi karena adanya proses terhubung dengan listrik kemudian mengubahnya menjadi objek yang berbahan kimia.

Cohtohnya,aki ataupun accumulator ternyata melalui beberapa proses perubahan dari energi listrikmenjadi kimia agar aki dapat digunakan maka harus diisi terlebih dahulu agarbahan kimia dapat menjalankan kerja dari accumulator.

Cohtoh berikutnya dari perubahan energi listrik dari charger batu baterai. Tentunya, dengan menggunakan charger batu baterai maka akan membuat baterai dapatdigunakan sesuai dengan fungsinya.

Energi Cahaya Menjadi Kimia

Energi cahaya menjadi kimia merupakan perubahan dari energi yang terjadi dari adanya bantuan cahaya yang dapat menghasilkan bahan kimia.

Contohnya,terjadinya proses fotosintesis yang menghasilkan oksigen ataupun bahan kimia.Nah, hal tersebut memang sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari bukan?oleh karena itu, adanya proses yang mengubah satu energi ke energi lainnya memang sangat bermanfaat dalam kehidupan   sehari-hari.

Energi Cahaya Menjadi Panas

Perubahan energi cahaya menjadi energi panas yaitu terjadi karena adanya bantuan dari energi cahaya yang berubah menjadi panas.

Contohnya yaitu ketika Anda sedang melakukan kegiatan mencuci pakaian. Dari kegiatan tersebut tentunya Anda dapat mengetahui bahwa pakaian dapat kering apabila terkena sinar matahari.

Energi Nuklir Menjadi Listrik

Proses perubahan energi nuklir dapat berubah menjadi listrik melalui berbagai usaha yang dilakukan untuk mendapatkan kebutuhkan energi listrik

Contohnya yaitu pembangkit listrik dari nuklir yang membuktikan benar adanya perubahan energi nuklir menjadi energi listrik. Tentunya, perubahan energi tersebut memang sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Energi Listrik Menjadi  Panas

Proses yang terjadi dari perubahan energi listrik menjadi panas yaitu bertujuan untuk menjalankan suatu benda ataupun objek sesuai dengan fungsinya yang dapat menghasilkan energi panas apabila terhubung dengan energi listrik.

Contohnya perubahan yang terjadi dari  energi listrik menjadi panas yaitu setrika listrik, oven, dan solder.Semua benda tersebut dapat berubah menjadi panas apabila terhubung dengan energi listrik sehingga dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Konversi energi listrik menjadi energi bunyi

Proses perubahan pada energi listrik dapat berubah menjadi bunyi pada sebuah benda ataupun objek tertentu. Sesuai dengan fungsinya ada beberapa benda yang terhubung dengan  listrik memang dapat menghasilkan bunyi.

Sebagai contoh sebagaimana energi listrik diubah menjadi energi bunyi yaitu adanya penggunaan radio ataupun sirine.

Penutup

Demikianlah beberapa informasi mengenai perubahan energi yang semoga dapat menambah pengetahuan kita semua. Jangan lupa untuk terus kunjungi situs cobalgiaja.com untuk dapatkan konten-konten bermanfaat lainnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: