Pidato Perpisahan Terbaik Sepanjang Masa Disertai Pengertian Dan Caranya [TERLENGKAP]

Pidato Perpisahan Terbaik Sepanjang Masa Disertai Pengertian Dan Caranya [TERLENGKAP]

Pidato Perpisahan

Assalamu’alaykum warohmatullahi wabarokatuh, semoga teman-teman sekalian sehat selalu dan dilimpahkan setiap kebaikan oleh Allah SWT yang maha Rahman dan Rahiim.

kehidupan adalah sebuah kisah tak berhujung, hidup, mati, datang lalu pergi, pergi lalu kembali, menanam lalu panen, berjualan yang kadang untung dan juga rugi.

Dalam setiap perjalanan pasti dan pasti akan kita temui perpisahan itu, apakah akan berakhir tragis, menyedihkan, senang, sedih, mengharukan atau lainnya. Semua itu bergantung pada bagaimana cara kita menyikapi setiap proses di dalamnya.

Bagaimana menjadikan setiap momen didalamnya adalah suatu hal yang berharga dan tidak terlupakan dan suatu saat bisa kalian ceritakan kepada banyak orang.

Tentang diri kalian, orang-orang disekitar kalian seperti keluarga, sahabat, guru, musuh (tidak dianjurkan memperbanyak musuh yah) , atau yang lainnya.

Menceritakan setiap detil kehidupan kalian dalam suatu waktu, tempat dan keadaan serta situasi yang dirasakan.

Semua ini bisa kalian tuangkan baik dalam bentuk podcast, tulisan seperti artikel, cerpen, novel, atau mungkin kalian sampaikan secara langsung di acara perpisahan sekolah, kampus atau lainnya.

Untuk sesi kali ini coba kita tuangkan dalam sebuah pidato perpisahan. Untuk pidato itu sendiri tentu ada beberapa aturan-aturan dan mungkin cara-cara dalam

Pidato

contoh pidato perpisahan
via Pixabay

Sebelum kita melaju ke dalam pembahasan yang lebih rinci tentang pidato, ada baiknya jika kita mnegetahui terlebih dahulu apa sebenarnya pidato itu.

Pengertian Pidato

Pidato adalah ungakapan ide atau pikiran yang dimunculkan dengan bentuk sebuah kata yang ditujukan untuk orang banyak. Selain itu pidato juga biasanya diartikan sebagai sebuah karangan atau wacana yang sengaja disiapkan untuk disampaikan di hadapan orang banyak.

Pidato Berkualitas

Bagaimana mengetahui sebuah pidato itu bagus atau tidak, selain dari bagaimana cara oratornya atau yang berpidato menyampaikan pesan, juga isi dari pidato tersebut.

Bayangkan apabila anda menyampaikan sebuah pidato dengan gaya yang baik dengan retorika yang dapat dimengerti semua orang serta isi dari pidato yang berbobot, tentu akan menjadi nilai tambah.

Bagaimana agar pandai berpidato?

Apabila anda belum mampu berpidato di depan umum, anda perlu mengasah kemampuan anda tersebut. Seperti contoh dalam sebuah film karya fuad yang berjudul negeri 5 menara, yang menampilkan seorang yang tak pandai berpidato dan akhirnya mampu melakukannya.

Bersama teman-temannya mereka mampu membuat satu orang ini berhasil berpidato di depan umum dengan baik dan penuh semangat.

Cara ini mungkin bisa membantu anda agar lebih mudah berpidato di depan umum, berikut cara-caranya :

  1. latihan depan cermin
    Mungkin anda sering latihan bercermin, itu bsia menjadi metode yang lumayan bagus untuk anda mencoba berbicara face to face dengan orang sampai anda
  2. Jadikan teman sebagai audience
    Untuk membantu anda sedikit mengurangi demam panggung, mintalah beberapa teman anda untuk menjadi audience atau pendengar. Sampai anda bisa benar-benar membawakannya dengan baik dihadapan teman-teman anda
  3. Jangan menatap ke mata audience
    Seringkali menatap mata penonton atau pendengar bisa menjadikan kita gugup sehingga membuyarkan konsentrasi yang berefek pada banyak hal. Anda bisa mengalihkan pandangan anda ke atas kepala penonton atau lurus kedepan untuk menghindari kontak mata langsung.

dan masih banyak lagi cara-cara lain yang bisa anda coba untuk mengasah kemampuan berpidato anda.


Metode Pidato

contoh pidato perpisahan
via Google

Dalam berpidato kita tentu perlu memahami struktur, metode-metode serta cara yang baik dalam menyampaikan dan membuat sebuah pidato. Baik itu dalam pidato perpisahan , atau pidato sambutan dan lain-lain.

Seperti yang kita ketahui kalau berpidato itu sendiri adalah sebuah kata kerja yang artinya ada proses dan cara dalam melaksanakannya.

Untuk cara berpidato itu sendiri terdapat 4 teknik atau metode yang umum kita ketahui :

Metode Pidato : Menggunakan Naskah

Metode yang satu ini lebih kepada pembacaan naskah pidato secara langsung, biasanya dilakukan dalam acara-acara resmi seperti yang biasanya dilakukan para pejabat negara ketika menyampaikan pidato sambutan pada jajarannya.

Hal ini juga bertujuan untuk menghindari kekeliruan dalam pengucapan sehingga tidak terjadi salah pengartian terutama pada media massa melihat yang menyampaikan adalah seorang figur.

Metode Pidato : Menghafal

Metode pidato yang selanjutnya yakni dengan menghafal, seperti biasanya kebanyakan orang ingin menyampaikan pidato dengan baik. Beberapa cara dilakukan termasuk dengan menghafal teks pidato.

Sayangnya tidak semua orang mampu menghafal dengan baik, solusinya adalah naskah yang telah dibuat boleh dihafalkan hanya saja dengan mencermati poin-poinnya.

Naskah yang telah dipersiapkan sebisa mungkin memuat poin-poin penting yang mampu memompa daya ingat terhadap dalam berbicara.

Metode Pidato : Spontanitas

Selanjutnya metode spontanitas, metode ini lebih menekankan pada kreatifitas seseorang dalam mengolah kata secara spontan. Dimana otak bertindak secara cepat dalam memilah kata yang baik dan benar sehingga dapat menyampaikan informasi dengan baik kepada orang-orang.

Metode ini tidak perlu naskah sama sekali, hanya mengandalkan sesuatu yang disebut “the power of kepepet”. Kreatifitas terkadang muncul ketika terpaksa, oleh karenanya berpidato dengan metode ini, hanya perlu confident percaya diri yang tinggi serta wibawah.

Metode Pidato : Poin per poin

Teknik berpidato yang satu ini adalah salah satu dari yang paling sering dan disenangi banyak orang ketika ingin menyampaikan sebuah pidato. Selain dari caranya yang mudah dan terbilang cepat untuk dipraktekkan.

Tentunya setiap metode memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, kelemahannya metode yang satu ini adalah kombinasi dari metode spontanitas yang butuh kreatifitas.

Dilain pihak ini juga merupakan sebuah keunggulan yang manfaatnya adalah memicu kinerja otak untuk memilah kata yang baik dan benar dengan cepat.

Hanya dengan menyiapkan poin-poin penting dari inti topik pidato yang ingin anda bawakan.


Itulah beberapa metode yang Insya Allah bisa kamu terapkan untuk menyiapkan pidato dalam setiap acara formal maupun informal.

Selanjutnya tentu kamu butuh praktek agar nantinya bisa lebih baik dalam menyampaikan pidato dimanapun dan kapanpun.

Dalam berpidato itu sendiri perlu anda ketahui apakah jenis pidato yang akan dibawakan nantinya, sehingga dapat dimengerti struktur dan apa saja yang harus ada dalam pidato tersebut.

Jenis Jenis Pidato

contoh pidato perpisahan
via Pixabay

Berikut ini jenis-jenis pidato yang dijabarkan oleh Haryadi (1994:45) :

Pidato Informatif

Salah satu jenis pidato yang seringkali disampaikan adalah pidato yang bersifat informatif, yang berarti berisikan informasi-informasi yang akan disampaikan kepada orang-orang yang memiliki keterkaitan dengan informasi tersebut atau secara umum.

Ciri-ciri Pidato Informatif

  • Objektif , yang berarti apa adanya, sesungguhnya, pada dasarnya disampaikan dengan sangat jelas, terarah, tidak keluar dari pokok pembahasan dan memahamkan;
  • Motivatif , sifatnya mendorong pada pandangan atau kesadaran terhadap suatu hal yang baru dengan sebuah arahan;
  • Zakelijk, isi dari pidato menyampaikan kejujuran tidak menyimpang;
  • Realistis , sesuai dengan fakta yang ada tidak peduli baik atau buruk.

Pidato Edukatif

Yakni pidato yang berisikan informasi yang bersifat mendidik yang berdasar atas ilmu pengetahuan yang dapat dibuktikan dan dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Ciri-ciri Pidato Edukatif

  • Defensif , sifatnya mempertahankan setiap hal mengenai kebenaran ilmiah dari informasi yang disampaikan;
  • Objektif , Sesuai dengan maksud dan tujuan yang ingin dicapai;
  • Rasional , berdasarkan akal sehat, menjunjung tinggi kebenaran dan bukan berdasarkan emosi belaka;
  • Ilmiah, berdasarkan ilmu yang mampu dipertanggungjawabkan kebenaran serta keabsahan ilmiahnya;
  • Cara penyampaiannya tenang dan memahamkan.

Pidato Propagandis

Ialah pidato yang disampaikan untuk mencapai sebuah tujuan dengan menggunakan segala cara, dan tidak jarang menyampaikan sebuah informasi fiktif dan tidak sesuai dengan kenyataan.

Ciri-ciri Pidato Propagandis

  • Agresif , sifatnya menyerang lawan main, individu, lembaga yang menjadi sasaran ;
  • Subjektif , isinya bisa jauh dari kebenaran yang ada, hanya untuk mencapai tujuan tertentu;
  • Emagogis , isinya berbentuk sebuah pengarahan yang bisa menyesatkan pemahaman orang lain, terkadang mengadu domba, dan fitnah.
  • Menarik , Memikat perhatian setiap orang dan mampu mendapatkan apresiasi dari pendengar
  • Agitatif , Penyampaiannya dengan nada yang tinggi, semangat yang menggebu-gebu, dan permainan,
  • Fiktif , hanya sekedar isapan jempol, karangan, mengada-ada, fatamorgana.
  • Memutarbalikkan fakta , tidak sesuai dengan kenyataan, berbanding terbalik dengan apa yang sebenarnya terjadi.


Sikap Dan Tata Krama Dalam Berpidato

Dalam berpidato kita perlu mengetahui bagaimana sikap dan tatakrama yang harus kita jaga saat berpidato. Hal ini bukan hanya sebagai bentuk sebuah penghormatan atas acara yang berlangsung formal, tetapi juga kepada para pendengar.
Berikut ini beberapa sikap dan tatakrama yang harus kita jaga saat berpidato dihadapan umum :
  • Pakaian yang rapih, bersih dan sedap dipandang tetapi tidak berlebih-lebihan dan untuk pamer
  • Berucap dengan bahasa yang sopan dan kata-kata yang baik, sehingga memberikan rasa dihormati kepada para pendengar
  • Bisa diselingi dengan humor tentunya dengan cara yang sopan dan baik
  • Rendah hati , artinya tidak berlaku sombong dan tidak pula merendahkan diri sendiri dan “minder” atau tidak percaya diri
  • Di akhir pidato untuk senantiasa memohon maaf apabila di dalam penyampaian pidato terdapat banyak kesalahan

Struktur Pidato dan Contoh Pidato Perpisahan

contoh pidato
via Pixabay

Dalam sebuah pidato ada beberapa unsur yang menyusunnya, seperti pembukaan atau muqoddimah, isi, dan lain-lain yang berbeda di setiap tingkatannya.

Di bawah ini saya akan menjabarkan sedikit mengenai struktur beserta contoh pidato perpisahan yang Insya Allah bisa membantu kamu nantinya.

Pidato Perpisahan Kelas 6

Untuk pidato perpisahan kelas 6 itu sendiri ada beberapa struktur yang lebih sederhana dibandingkan dengan pidato perpisahan di jenjang sekolah lainnya.

Pada umumnya beberapa bagian yang ada diantara lain :

  1. Pembukaan / Muqoddimah
    Biasanya berupa puji syukur kepada Allah SWT/ TYME , Rosulullah, kepada para keluarga, sahabat, dan para ulama, dan pengikutnya.
  2. Izin mewakili
    Meminta izin kepada seluruh siswa/siswi kelas 6 selaku perwakilan untuk menyampaikan pesan dan kesan kepada seluruh orang.
  3. KesanBiasanya mengingatkan waktu yang telah dilalui dalam sekolah, momen yang dirasakan dan setiap hal yang menarik dan tak terlupakan.
  4. Ucapan terima kasih
    Menyampaikan ucapan terima kasih kepada guru, teman-teman, pegawai di sekolah, baik itu pak satpam, cleaning service dan lain-lain.
  5. Pesan
    Menyampaikan pesan kepada semua orang, bisa berupa kata-kata motivasi, pendorong semangat untuk adik-adik kelas, pesan penyemangat untuk guru, dan lainnya.
  6. Penutup

itulah struktur dari pidato perpisahan kelas 6 SD, selanjutnya untuk memberikan anda gambaran yang lebih jelas, berikut contohnya :

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6

Pembukaan

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh 

semoga Allah merahmati dan memberkahi kita semua

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat dan karunia yang begitu besar. Sehingga dapat berkumpul di tempat ini dan bertatap muka di acara yang besar ini. 

Tak lupa pula kita kirimkan salam dan sholawat kepada junjungan kita nabiullah Muhammad SAW ,keluarganya, sahabatnya, tabi’tabiin, dan para warosatul anbiya’. Dengan ikhtiar beliau yang dengan sabar dan kuat untuk menyampaikan risalah berupa Islam ini sehingga dapat kita nikmati sampai sekarang.

Allahumma sholli ‘ala muhammad wa ‘ala ali muhammad wa shohbihi wa sallam.

Izin mewakili

Hadirin yang saya hormati, izinkan saya mewakili aspirasi teman-teman saya secara garis besar ini untuk menyampaikan amanat dalam acara perpisahan kali ini. 

Tidak terasa, hari demi hari, pagi berulang pagi, hujan , terik panas matahari, bulan dan tahun telah berganti, genap sudah 6 tahun ini kita lewati dengan seksama dan bersama-sama. Merangkai asa kita bersama di bawah satu atap di sekolah kita tercinta. 

Tak ada manusia yang sempurna, tak ada dari kita yang tak pernah bersalah, sengaja ataupun tidak, semoga ini menjadi sebuah ungkapan maaf yang terakhir untuk membuka pintu maaf para hadirin sekalian.

Dari sekian banyak hal yang ingin kami sampaikan, terima kasih adalah kata terindah yang paling sederhana atas setiap jasa-jasa beliau ini, jasa-jasa guru-guru kami. Mereka dengan setiap usaha, waktu, keringat, dan semangatnya selalu membimbing dan mengawasi kami di sekolah.

terima kasih pak guru , terima kasih ibu guru

Juga tak lupa kepada setiap staf yang membantu, menyemangati, meluruskan sandaran, menegakkan bahu, dan mengangkat kami tinggi untuk mencapai mimpi-mimpi kami, terima kasih banyak.

Mudah-mudahan setiap harap beliau-beliau, keluh kesah, keringat dan waktu yang mereka korbankan demi mengajar kami di balas oleh Allah dengan berlipat-lipat. Aamiin Allahumma Aamiin.

Ini bukan akhir dari semuanya, ini hanyalah awal kisah yang lain yang akan menyambungkan setiap tali dengan sebuah simpul, yang simpul ini akan menjadi tanda bahwa kita, kami, kalian, dan semua orang ada dalam satu ikatan yang kuat dan menguatkan kasih mengasihi dan sayang menyayangi.

Ini bukan akhir, ini sebuah perpisahan untuk pertemuan yang selanjutnya, dalam keadaan yang lebih baik, sukses, sehat wal afiat.

Semoga setiap ilmu yang kami dapatkan ini dapat bermanfaat kepada diri kami , keluarga, agama, nusa dan bangsa, menjadi amal jariyah yang tak terputus bagi para pengajar kami, dan bagi para penyebar ilmu, Insya Allah.

Penutup

Mungkin cukup sekian yang bisa saya sampaikan, mohon maaf apabila ada salah kata dan perbuatan, kekurangan berasal dari diri saya pribadi, dan lebihnya dari Allah SWT.

Wabillahi taufik walhidayah wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh. 

 

Contoh Pidato Perpisahan Sekolah

Pembukaan

ِAssalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh
dan salam sejahtera bagi kita semua
Yang terhormat kepala sekolah SMP/SMA (nama smp/sma)
Guru-guru sekalian yang kami hormati,
orang tua siswa/siswi SMP/SMA (nama smp/sma) yang turut berbahagia,
dan teman-teman sekalian yang saya banggakan. 

Alhamdulillah Puji syukur kehadirat Allah SWT yang atas limpahan nikmat , karunia, dan kasih sayangnya sehingga kita bisa bertatap muka di acara ……….. yang besar ini.  

Tak lupa pula kita kirimkan salam teriring sholawat kepada junjungan kita nabiullah Muhammad SAW , keluarganya, sahabatnya, tabi’tabiin, dan para warosatul anbiya’.

Yang dengan ikhtiar beliau yang telah berjuang dengan sabar dan kuat untuk menyampaikan risalah berupa Islam ini sehingga dapat kita nikmati sampai sekarang.

Allahumma sholli ‘ala muhammad wa ‘ala ali muhammad wa shohbihi wa sallam

Ucapan terima kasih

Terima kasih teriring maaf kami sampaikan kepada guru-guru kami yang tak lelah membimbing, mengajari, mendorong, memotivasi, menjaga dan mengawasi kami.

Tak jarang lidah kami terucap kata-kata kasar, kejam, sopan santun kami seperti preman, terkadang lepas kendali kami, tapi tegar beliau dan bersabar.

Mungkin tanpa sepengetahuan kami, beliau terbangun disepertiga malamnya, mendoakan kebaikan untuk kami, manfaat ilmu yang kami dapatkan, sukses karir kami. 

Terima kasih bapak ibu guru, terima kasih banyak atas semua waktu yang engkau habiskan bersama kami selama 3 tahun belakangan ini. Semoga setiap jerih payahmu ini menjadi amal jariyah yang tak putus sampai akhir hayat.

Kesan

tak terasa hari-hari yang kita lewatkan bersama-sama di SMP/SMA ini telah berakhir, teringat setiap momen kita bersama, ketika terjatuh dan saling menopang badan, ketika salah dan saling menegur, ketika sedih dan saling menghibur. Usaha demi usaha kita lakukan atas bimbingan guru dan orang tua, mencoba yang terbaik untuk meraih mimpi bersama, hari ini adalah jawabannya.

Kita semua berkumpul disini , dengan setiap peluh keringat yang telah kita kerahkan. Setiap pikiran, ide, gagasan dan semua pencapaian kita saat ini sampai kepada hari besar ini adalah bukti. 

Bukti bahwa kita pernah berjuang, bukti bahwa kita adalah orang-orang yang kuat, kita seperti halnya gaya tanpa hambatan, yang tak akan berhenti sampai kapanpun.

Pesan

Semoga hari ini tidaklah memutuskan rantai ikatan yang telah kita bangun, semoga momen ini menjadi waktu dimana setiap dendam, amarah, sekat di antara kita hilang. 

Sekali lagi terima kasih kepada semuanya, kepada guru-guru, kepada staf-staf, kepada teman-teman dan seluruh elemen masyarakat SMP/SMA yang tanpa kehadiran kalian, semua ini tak akan berarti. 

Penutup

Mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan, jika ada salah kata dan perbuatan kami yang masih membekas di hati dan pikiran kami mohon maaf yang sebesar-sebesarnya. Yang salah datangnya dari saya, yang benar datangnya dari Allah

Sekian dan terima kasih 

Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh. 

 

 

 

contoh pidato perpisahan sekolah

naskah pidato perpisahan
pidato perpisahan singkat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: